Begini Cara Mengolah Talas Agar Tangan Tak Gatal
Oleh : Redaksi
Selasa | 05-09-2017 | 13:26 WIB
memotong-talas1.gif
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Masih ragu membuat olahan berbahan talas karena takut tangan gatal? Efek gatal yang muncul setelah kita mengolah talas sebenarnya berasal dari kandungan kalsium oksalat yang memiliki bentuk seperti jarum yang tak larut dalam air.

 

Tak hanya terasa di tangan, gatal karena pengolahan talas yang tak tepat bisa kita rasakan di lidah dan tenggorokan pula. Nah, sebelum mengolah talas kita harus tahu cara memilih talas yang baik terlebih dahulu.

Pertama, pilih yang berbatang kering dan kemerahan. Batang yang sudah kemerahan menunjukkan talas sudah tua. Talas yang muda biasanya magel. Kemudian tekan bagian bawah talas, jangan pilih yang sudah lembek.

Berikutnya, potong bagian atas talas. Pilih yang putih, jangan yang berbintik-bintik. Lalu, untuk memilih talas yang masih bertanah, pilih yang masih bertanah basah. Bila tanahnya sudah kering, umumnya sudah lama.

Selanjutnya yang terpenting, simak cara menghilangkan gatal karena talas berikut. Ingat, pastikan jangan memotong batang talas karena bisa kita jadikan pegangan ketika menguliti talas.

Sebelum dipotong, lumuri talas dengan garam agar getahnya hilang. Getah inilah yang sering meninggalkan efek gatal. Gosok terus sampai getahnya habis, lalu bilas dengan air.

Sumber: Nova.id
Editor: Yudha


BNN-KEPRI