Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polisi Imbau Masyarakat tidak Jadi Penonton Saat Melihat Peristiwa Kecelakaan
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 05-09-2017 | 11:38 WIB
penonton-00.gif Honda-Batam
Sejumlah warga tampah hanya menyaksikan dan mengabadikan momen saat peritiwa kecelakaan maut di Bengkong. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol I Putu Bayu Pati, sangat menyayangkan kebiasaan buruk yang terjadi di tengah-tengah masyarakat jika terjadi peristiwa kecelakaan.

Bukannya membantu petugas dalam mengevakuasi korban, namun kenyataan di lapangan, masyarakat yang lewat di jalan tersebut dominan hanya berhenti untuk melihat dan melakukan dokumentasi. Seperti yang terjadi saat kecelakaan di Bengkong Bengkel dan menewaskan dua pengendara sepeda motor.

"Ini yang sangat kita sayangkan. Masyarakat hanya behenti untuk melihat-lihat kejadian dan berfoto ria. Bukannya kami mengharapkan bantuan, tetapi setidaknya dapat membantu petugas dalam mengevakuasi korban. Memang semua itu tugas kepolisian, namun juga diharapkan kerja sama dari masyarakat," sesal Putu, Selasa (5/8/2017).

Menurutnya, dengan aksi masyarakat seperti tu, menimbulkan dampak lain, seperti menimbulkan kemacetan. Bahkan, jika ada hal yang tidak sesuai dengan keinginan hatinya, justru memposting dan memberikan komentar yang negatif terhadap petugas.

"Di sini kami mengharapkan kesadaran masyarakat untuk bersama-sama saling bantu jika terjadi kecelakaan, seperti kejadian barusan di Bengkong Bengkel. Masyarakat hanya berhenti untuk menimbulkan kemacetan semakin parah dan hanya untuk mendokumentasikan kejadian," lanjutnya.

Ke depan, ia berharap agar kejadian serupa tidak terulang. "Alangkah baiknya jika tidak membantu mengevakuasi korban, masyarakat bisa membantu dengan tidak membuat jalanan semakin macet," harapnya.

Sementara untuk kedua korban kecelakaan maut di Bengkong Bengkel, langsung dilarikan ke Rumah Sakit BP Batam. "Korban sudah dibawa ke RSBP. Anggota masih melakukan olah TKP dan menyelidiki identitas korban," pungkasnya.

Sebelumnya, kecelakaan maut kembali terjadi. Kali ini, dua orang pengendara sepeda motor tewas di tepat setelah terlindas mobil box di jalan kawasan Simpang Bengkong Bengkel, Selasa (5/8/2017).

Editor: Gokli