Kunjungan Wisman ke Tanjungpinang Tak Capai Target, Isu Terorisme Jadi Kambing Hitam
Oleh : Habibi Khasim
Sabtu | 12-08-2017 | 09:16 WIB
disparbud-00.gif
Kepala Bidang Destinasi dan Promosi Disparbud Tanningpinang, Riva Hafrianie. (Foto: Haibi Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang belum lama ini telah merilis jumlah wisatawan manca negara (Wisman) yang berkunjung ke Tanjungpinang. Sayangnya, jumlah kunjungan kunjungan wisata belum sesuai harapan.

Kepala Bidang Destinasi dan Promosi Disparbud Tanningpinang, Riva Hafrianie, menyampaikan, Pemko Tanjungpinang menargetkan sekitar 103 ribu Wisman berkunjung ke Tanjungpinang pada tahun 2017 ini. Namun, hingga Juni 2017, wisman yang berkunjung ke Kota Gurindam hanya 8.666 orang saja.

Terkait menurunnya kunjungan wisman, Disparbud mengkambinghitamkan isu terorisme yang marak di Indonesia. berkurangnya kunjungan Wisman ke Kota Tanjungpinang, kara Riva, disebabkan adanya isu teroris yang begitu banyak di indonesia. Dengan demikian, Kota Tanjungpinang merasakan dampak dari isu tersebut.

"Saya pikir itu (isu terorisme) penyebabnya, sehingga para Wisman yang mau datang ke Tanjungpinang jadi perpikir. Tetapi, data ini baru data dari Januari-Juni ya, sementara untuk data Juli hingga sekarang belum masuk," ujar Riva, Jumat (11/8/2017).

Kendati demikian, Riva mengaku, Pemko Tanjungpinang akan terus berusaha untuk capai target yang telah direncanakan. Dia mengatakan, Pemko Tanjungpinang tidak akan berdiam diri, meskipun isu-isu negatif sedang mewabah dan membuat kunjungan wisman menurun.

"Di semester kedua ini, kita akan semakin meningkatkan kunjungan wisatawan, ke Tanjungpinang khususnya. Salah satunya adalah dengan mengadakan iven-iven kelas internasional," kata Riva.

Riva mengatakan, kedepan Tanjungpinang masih punya finalisasi paket wisata dengan Kementrian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar RI) dengan target pasar negara tetangga, Singapuran dan Malaysia. Oleh karena itu, dalam waktu dekat ini, kata Riva, Disparbud Kota Tanjungpinang akan menyelenggarakan event-event tahunan dan Internasional. Hal ini tidak lain untuk menggenjot jumlah Wisman ke Tanjungpinang.

"Selain finalisasi paket wisata, kami masih tetap optimis mendatangkan Wisman ke Kota Tanjungpinang dengan mengadakan event tahunan bertaraf Internasional. Kedepan kami akan mengadakan Dragon Boat Race dan Festival Bahari dengan target 5000 Wisman," tuturnya.

Editor: Gokli


BNN-KEPRI