Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Batuaji Masih Kekurangan Posyandu
Oleh : Yosri Nofriadi
Selasa | 01-08-2017 | 17:38 WIB
Camat-Batuaji2.gif Honda-Batam
Camat Batuaji Fridkalter (Foto: Yosri Nofriadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wilayah Kecamatan Batuaji membutuhkan 23 Pos Pelayanan Kesehatan Terpadu (Posyandu) yang baru. Itu karena 58 Posyandu yang sudah ada belum bisa mengakomodir pemukiman warga yang ada di kecamatan tersebut.

Camat Batuaji Fridkalter, menuturkan bahwa berdasarkan luas wilayah dan jumlah penduduk yang ada, Kecamatan Batuaji idealnya harus memiliki 86 Posyandu. Jumlah ideal tersebut sesuai dengan jumlah RW yang ada di kecamatan Batuaji.

"Jumlah penduduk kita cukup banyak. Idealnya ya satu RW satu Posyandu. Tapi nyatanya yang ada baru 56 Posyandu," ujar Fridkalter, Selasa (1/8/2017).

Kekurangan tersebut membuat sebagian masyarakat sedikit kewalahan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan melalui kegiatan Posyandu tersebut.

Warga di perumahan ataupun pemukiman yang belum ada Posyandu tentu harus berjuang untuk mendapatkan layanan kesehatan itu, baik dengan cara bergabung ke lingkungan lain yang ada Posyandu ataupun harus mendatangkan petugas dari Posyandu terdekat.

"Tapi kekurangan-kekurangan ini semua sudah disampaikan ke musrenbang tingkat kota. Semoga secepatnya dikabulkan," ujar Fridkalter.

Meskipun masih kurang, sejauh ini fungsi dan tugas pokok dari Posyandu yang sudah ada, diakui Fridkalter sudah berjalan dengan baik. "Sebagian masyarakat memang menumpang ke Posyandu yang lain, tapi belum ada kendala serius yang dihadapi," ujarnya.

Bahkan kata Fridkalter, kekurangan tersebut malah menjadi nilai tambah bagi Posyandu-posyandu yang sudah ada, yang mana kegiatan Posyandu berjalan lebih maksimal lagi.

"Karena banyak yang membutuhkan jadi kegiatan Posyandu jadi lebih hidup. Bahkan tahun ini salah satu Posyandu kita yakni Posyandu Lavender ini yang terpilih mewakili Batam ke kontes Posyandu terbaik di tingkat Provins Keprii," ujar Fridkalter.

Editor: Udin