Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Beberapa Alasan Mengapa Mobil Bisa Terbakar
Oleh : Redaksi
Sabtu | 01-07-2017 | 11:38 WIB
mobil-01.gif Honda-Batam
Dua warga memadamkan api yang melalap mobil dinas milik Inspektorat Bintan di Bintan Bunyu. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ketika melihat mobil terbakar, orang terkadang bisa mengasumsikan bahwa ada kesalahan teknis pada mesin atau ada bensin yang bocor hingga percikan apinya menyambarnya. Keduanya bisa saja benar, namun ternyata ada alasan lain mengenai hal tersebut.

Menurut informasi yang dilansir oleh cartoq.com (16/6) ada beberapa alasan lainnya mengapa mobil terbakar begitu saja. Salah satunya adalah cairan mudah terbakar yang ada di balik kap mobil. Beberapa orang sering mengabaikan hal ini, terutama saat menggunakan kain yang sudah terkena cairan mudah terbakar untuk mengelap mesin.

Akibatnya, panas yang dihasilkan oleh mobil merambat ke cairan tersebut dan memicu kebakaran pada mesin. Untuk itu, gunakanlah kain bersih tanpa bahan-bahan mudah terbakar sedikitpun jika ingin mengelap mesin mobil.

Kemudian masalah kelistrikan yang biasanya berujung konslet hingga akhirnya menjadi kebakaran. Hal ini biasanya dipicu oleh kabel-kabel mobil yang sering diutak-atik untuk tujuan modifikasi.

Ada juga yang dipicu karena knalpot dari manufaktur-manufaktur komponen kendaraan tidak resmi berkualitas rendah, hingga menyebabkan percikan api tercipta dari knalpot tersebut dan bahkan mampu membakar mesin hingga ludes terbakar.

Kebakaran juga bisa dipicu karena rem mobil yang overheat. Kejadian itu dipicu karena sopir yang terlalu sering menggunakan rem saat di sirkuit atau saat menuruni bukit, gesekan pada cakram rem dapat menyebabkan percikan api dan membakar kendaraan.

Kurangnya servis kendaraan juga menjadi faktor penyebab mobil bisa terbakar. Tidak menservis kendaraan sesuai waktu yang dianjurkan dapat menyebabkan kendaraan menjadi cepat rusak dan rentan pada api.

Terakhir, penyebab lain kebakaran mobil adalah modifikasi kendaraan yang terlalu berlebihan, hingga mengakibatkan kesalahan-kesalahan teknis pada mobil.

Itulah alasan-alasan lainnya mengapa kendaraan bisa terbakar dengan sendirinya. Jika Anda memiliki pendapat maupun penyebab lain kebakaran mobil, silahkan masukan opini-opini otolovers di kolom komentar.

Sumber: Otosia.com
Editor: Gokli