Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Tips Mudik dengan Kendaraan Pribadi yang Ekonomis
Oleh : Redaksi
Selasa | 20-06-2017 | 11:26 WIB
mudik-mobil-01.gif Honda-Batam
Ilustrasi mudik menggunakan mobil pribadi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Memasuki musim mudik lebaran yang akan tiba beberapa pekan ke depan, untuk sebagian masyarakat menggunakan kendaraan pribadi tentu menjadi pilihan utama untuk pulang ke kampung halaman.

Entah ingin menjadikan perjalanan lebih eksklusif, ataupun mengirit biaya selama perjalanan. Sebenarnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghemat biaya selama mudik menggunakan kendaraan pribadi, khususnya menekan pemakaian bahan bakar.

Walau belum semua kendaraan memiliki fitur berkendara hemat energi atau eco-drive. Ternyata fitur demikian dapat diperoleh secara manual dengan tata cara tersendiri si pengemudi.

Senior Instruktur Indonesian Road Safety (IRSA) Poedyo Santosa, mengatakan tata cara berkendara eco drive, selain bertujuan untuk menghemat bahan bakar juga untuk memperpanjang usia suku cadang kendaraan.

"Tentunya dengan begitu akan semakin ramah lingkungan," kata Poedyo di Jakarta.

Adapun caranya, ia menuturkan, hal pertama ialah saat memanaskan kendaraan durasi maksimal selama tiga menit, tidak boleh lebih. Sembari mengatur posisi duduk, agar selama berkendara tidak mudah lelah.

Ketika memulai perjalanan, kata dia, ada baiknya membiarkan kendaraan lebih dulu bergulir sebelum memutar gas. Pastikan, selama berkendara mesin kendaraan tidak berbunyi sampai meraung.

"Rpm di 2000 sampai 2500 saja," ujarnya.

Dalam mengatur transmisi-pun demikian. Rpm dengan pemakaian transmisi harus sejalan, misalnya tetap menggunakan rpm rendah saat gigi tinggi. Tidak lupa, dalam menambah kecepatan maupun melambatkan kendaraan diusahakan halus.

"Gunakan kecepatan yang ekonomis," kata dia.

Jika ingin berhenti, ia mengungkapkan, pengemudi sebaiknya segera melepaskan pedal gas dan biarkan kendaraan melaju karena daya dorong. Ia mengingatkan, jangan lupa mematikan mesin kendaraan saat sedang menunggu.

Dengan trik tersebut, dipastikan perjalanan mudik bersama keluarga menggunakan kendaraan pribadi akan lebih ekonomis. Bagi dia, cara tersebut sebetulnya tidak hanya dapat diterapkan untuk roda empat, melainkan juga kendaraan roda dua.

Selain itu ia menambahkan, pemilik atau pengemudi tetap melakukan perawatan secara berkala, penggunaan oli sesuai, ganti suku cadang sesuai waktu dan lalukan pelumasa satu minggu sekali.

"Intinya, pemeriksaan kendaraan sebelum perjalanan," kata Poedyo.

Sumber: CNNIndonesia
Editor: Gokli