Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Akuisisi Medco, Pertamina Ingin Jadi Perusahaan Minyak Kelas Dunia
Oleh : detikFinance
Rabu | 03-11-2010 | 10:30 WIB

Jakarta-Pertamina ingin menjadi perusahaan berkelas dunia melalui akuisisi saham PT Medco Energi Internasional Tbk, lewat pembelian sebagian saham Encore Energy Pte Ltd (EEPL) yang dimiliki oleh Encore International Ltd (EIL).

Hal ini disampaikan oleh Komisaris Utama Pertamina Sugiharto ketika ditemui di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (3/11/2010).

"Akuisisi ini adalah sebuah keniscayaan untuk Pertamina tumbuh jadi world class company, Pertamina harus berani go beyond it's portofolio," ujar Sugiharto.

Seperti diketahui, Encore Energy saat ini menguasai 50,7% saham di PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC). Melalui akuisisi ini Pertamina menjadi pemegang saham tidak langsung sebesar 27,9% di Medco Energi.

Sugiharto mengatakan, lewat akuisisi ini, diharapkan produksi minyak Pertamina akan meningkat. Namun Sugiharto belum dapat berbicara banyak mengenai akuisisi ini karena semua proses masih dilakukan direksi.

Selain itu, Pertamina juga aan melakukan akuisisi lapangan-lapangan minyak di luar negeri. Ini dilakukan agar Pertamina perlahan tak lagi bergantung pada lapangan-lapangan minyak yang ada di Indonesia. "Karena sampai saat ini Pertamina masih melakukan impor BBM 300-400 ribu barel," jelas Sugiharto.

Pertamina merencanakan mengakuisisi lapangan minyak di beberapa negara seperti Irak, Libya, dan Angola. "Sehinggga minyak bisa dibawa ke dalam negeri untuk diolah di kilang Balongan, Balikpapan, Dumai, dijadikan BBM untuk dalam negeri," tutur Sugiharto.

Tahun ini untuk akuisisi, Pertamina telah menyiapkan dana sekitar Rp 26 triliun. Tujuan akuisisi yang dilakukan Pertamina adalah untuk meningkatkan cadangan dan produksi minyaknya.