Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Akira Utsumi Bos Baru Suzuki Indonesia
Oleh : Sumantri/TN
Minggu | 13-03-2011 | 12:44 WIB
utsumi.jpg Honda-Batam

Akira Utsumi, Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil Motor dan PT Suzuki Indomobil Sales. (Foto: Ist).

Jakarta, Batamtoday - Akira Utsumi menjadi bos baru Suzuki Indonesia, baik pada PT Suzuki Indomobil Motor dan PT Suzuki Indomobil Sales.

Akira Utsumi menggantikan Yoshiya Terada, dan perkenalan atas bos baru Suzuki Indonesia itu diselenggarakan pada acara serah terima jabatan Presiden Direktur di Hotel Sangrila, Jakarta, Jumat 11 Maret 2011 malam.

Terkait strategi Suzuki Indonesia di bawah kepemimpinannya, Utsumi mengatakan, ada dua masalah utama yang harus segera dibenahi Suzuki di Indonesia, yakni masalah produk dan masalah jaringan penjualan. Utsumi menyatakan akan fokus memperbaiki kedua masalah tersebut.

Dalam pidato penyambutanya, Utsumi menyatakan etos kerjanya mengutamakan prinsip melihat dan mendengar secara langsung atas segala sesutau yang ada dan terjadi di sekelilingnya. 

"Dengan demikian maka, saya sebagai profesional dapat menentukan arah kebijakan perusahaan nantinya secara benar dan tepat," ujar Utsumi.

Utsumi berharap bisa meningkatkan penjualan Suzuki baik roda dua atau roda empat pada tahun-tahun mendatang. Dalam kesempatan itu ia menyatakan harapanya kepada para koleganya baik di perusahaan, rekan pemasok dan jaringan dealer di seluruh Indonesia, untuk memberikan masukan kepada dirinya.

Sebelum menepati posisinya di Indonesia, Utsumi sebelumnya pernah di Jerman sebagai Direktur Pemasaran Suzuki Motor GmbH, dan di Pakistan sebagai Presiden Direktur Suzuki Motorcycle.

Paling akhir, Utsumi menjabat sebagai General Manager Asia Marketing Divisi Overseas di Suzuki Motor Corporation.