Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

2011, BRI Berencana Akuisisi Bukopin dan Agroniaga
Oleh : detikfinance
Rabu | 24-11-2010 | 09:41 WIB

Batamtoday, Jakarta - Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) berencana kembali mengakusisi dua bank kecil pada tahun 2011, setelah proses pembelian PT Bank Agroniaga Tbk (AGRO) akan rampung tahun ini. Dua bank yang sedang diincar di luar dari Bank Bukopin yang kini sedang negosiasi.

Demikian disampaikan Direktur Utama BBRI Sofyan Basyir, di kantornya Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Rabu (24/11/2010).

"Kita sedang ada dua bank lagi tahun depan, di luar Bukopin," ucapnya.

Ia menambahkan, atas kelanjutan akusisi PT Bank Bukopin Tbk (BBKP), manajeman BRI masih menantikan penjelasan resmi dari Bukopin. BRI juga tidak memaksakan diri sebagai pemilik mayoritas baru atas saham BBKP, seperti yang terjadi di Bank Agroniaga.

"Itu yang dikabarkan, tapi mereka belum menyampaikan kepada kami. Prinsipnya mereka yang punya kekuasaan, jadi terserah mereka saja," paparnya.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Mustafa Abubakar memang pernah menyatakan bahwa BRI batal mengakusisi Bank Bukopin. Hal ini ditegaskan oleh Direktur Utama Bukopin Glen Glenardi. Menurut Glen, BRI bukan mitra yang sejalan untuk mendukung rencana bisnis Bukopin.

Dana akuisisi masih bersumber dari internal kas perseroan. Perseroan masih memiliki cukup dana untuk pertumbuhan an organik, karena baru terpakai Rp 330 miliar untuk akuisisi AGRO, dari total yang disiapkan.

Usai memiliki beberapa anak usaha perbankan, BRI juga siap melakukan merger karena terbentur aturan single presence policy (SPP) yang mengharuskan kepemilikan tunggal sebuah bank.