PKP

Cara Mudah Membersihkan Lampu Mobil Kusam Jadi Kinclong
Oleh : Redaksi
Sabtu | 15-09-2018 | 14:28 WIB
bersihkan-lampu-kusam1.jpg honda-batam
Ilustrasi. (Foto: Autos.id)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kaca lampu depan kusam hingga bikin nyala lampu redup bukan berarti tanda-tanda ada yang harus diganti. Bisa jadi solusinya cuma dibersihkan dan itu bisa dilakukan sendiri oleh pemilik di rumah.

Kebanyakan kaca lampu depan mobil dibuat dari plastik polycarbonate. Plastik jenis ini merupakan pilihan terbaik untuk segala macam kondisi, namun ada satu kelemahannya yaitu pada matahari.

Buat melindungi biasanya pabrikan melapisinya dengan pelapis film yang tahan sinar ultraungu (ultraviolet/UV). Namun seiring waktu film itu akan hancur karena sinar ultraungu, kemudian plastik bakal teroksidasi.

Bila kaca lampu depan mulai terlihat kusam atau menguning, itu tandanya proses oksidasi sudah dimulai. Walau begitu jangan khawatir, sebab ada cara mudah menjadikannya kinclong lagi. Berikut tips untuk melakukannya seperti diceritakan Popular Mechanics.

1. Beli Perlengkapan
Alat yang dibutuhkan yaitu ampelas. Disarankan menyediakan tiga ukuran ampelas yang berbeda, misalnya 1000, 2000, dan 3000. Perlu diingat, semakin kecil ukuran berarti tingkat abrasif semakin tinggi. Selain itu pemilik juga perlu menyediakan produk kompon poles (polishing compound), pasta lilin (paste wax), pelindung ultraungu (sealant uv), selotip berwarna, dan lap microfiber.

2. Bersihkan Lampu
Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum proses pembersihkan dimulai adalah mencuci permukaan kaca lampu depan menggunakan air dan sabun. Membersihkan area di sekitarnya juga baik untuk dilakukan sebelum masuk ke tahap selanjutnya, yaitu memasang selotip.

3. Pasang Selotip
Selotip dipasang menutupi area bingkai kaca lampu depan. Tujuannya sebagai persiapan langkah selanjutnya, yakni mengampelas. Selotip membentuk fokus area yang akan dibersihkan sekaligus melindungi bagian mobil yang lain. Ketika tangan Anda selip saat mengampelas lalu tidak sengaja menyentuh bagian mobil yang lain, Anda akan lega karena sudah pernah melakukan langkah ini.

4. Mengampelas
Bagian ini paling penting. Anda disarankan mulai mengampelas menggunakan ukuran paling besar ke kecil. Basahi ampelas dan kaca lampu depan, lalu mulailah menggosok dengan gerakan lurus dan horizontal. Pastikan permukaan tetap basah saat mengampelas untuk menghindari risiko baret. Botol penyemprot air bisa sangat membantu dalam proses ini.

Ulangi pekerjaan itu dengan ampelas berukuran lebih rendah. Bedanya, kali ini gerakan gosok diagonal. Pastikan saat mengampelas dengan ampelas ukuran terakhir, gerakan gosok kebalikan dari sebelumnya.

5. Poles
Setelah proses mengampelas selesai, keringkan hingga semua kotoran dan air menghilang. Lalu ambil kompon poles kemudian tuang ke lap microfiber untuk memulai pemolesan. Oleskan poles selama beberapa menit dengan gerakan memutar. Setelah kaca lampu depan terlihat jernih, maka langkah selanjutnya bisa dilakukan, yaitu memoleskan wax.

6. Pasang Pelindung Ultraungu
Setelah wax, kaca lampu depan wajib dipasangi lagi dengan pelindung ultraungu sebab lapisan sebelumnya telah rusak setelah diampelas. Semua pekerjaan yang sudah dilakukan sebelumnya bakal percuma bila langkah ini tidak dilakukan. Pelindung ultraungu merupakan bagian yang melindungi kaca lampu depan suram.

Kuncinya adalah pelindung ultraungu menjangkau semua bagian. Penting juga untuk dipelajari instruksi produk, biasanya pelindung ultraungu hanya sampai satu lapisan. Setelah semuanya selesai, biarkan kering.

Bila langkah-langkah ini tidak menghasilkan perbedaan signifikan, pertimbangkan untuk melakukannya lagi. Meski begitu, ada beberapa lampu kaca depan yang sudah tidak tertolong dan butuh bantuan profesional untuk mendapatkan hasil terbaik.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha