Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bisnis Gathering di Bali, BP Batam Bakal Promosikan Data Center
Oleh : Nando Sirait
Selasa | 28-08-2018 | 12:16 WIB
silvi-bp-batam1.jpg Honda-Batam
Pelaksana Harian Kepala PDSI Batam, Silvia Malahulu (tengah). (Foto: Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pusat Data dan Sistem Informasi (PDSI) Badan Pengusahaan (BP) Batam, akan kembali mempromosikan Data Center BP Batam dalam gelaran Bisnis Gathering yang akan diselenggarakan, Kamis (30/8/2018) mendatang di Bali.

Hal tersebut disampaikan oleh Pelaksana Harian Kepala PDSI Batam, Silvia Malahulu. Silvia menyampaikan, kegiatan Bisnis Gathering yang akan dihadiri oleh BP Batam merupakan perhelatan yang ketuga kalinya, sejak dilaksanakan pada tahun 2016 lalu.

"Jadi ini moment yang dapat kami manfaatkan untuk promosi. Kalau BP Batam punya data center, dan data center ini bukan hanya untuk internal BP Batam saja, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk eksternal," ujarnya, Selasa (28/8/2018).

Silvia menambahkan saat ini, sedikitnya sudah ada 20 tenant dari instansi Pemerintah dan Universitas di Indonesia mempercayakan penyimpanan data mereka di Data Center BP Batam. Selain itu, pemiluhan Bali sendiri dikarenakan adanya target untuk memperkenalkan Data Center ke wilayah Indonesia bagian Tengah dan Timur.

"Jadi sasaran kami seperti Kalimantan, Sulawesi, Bali, Hingga Papua," lanjutnya.

Dikatakan, saat ini Data Center sudah menjadi kebutuhan yang mendasar, bagi lingkungan instansi pemerintah khususnya untuk pelayanan yang efektif, efisien, dan transparan.

Silvia menambahkan PDSI BP Batam sendiri, saat ini juga telah ditunjuk sebagai bagian dari aset pemerintah untuk penyimpanan data. Selain itu, dari sisi pelayanan maupun pengamanannya, juga sudah mendapat sertifikasi resmi dari lembaga yang berwenang.

"PDSI kita punya banyak kelebihan. Kita sudah menerapkan fullbase IT. Dari sisi letak geografis, Batam posisinya aman, tidak mudah terkena risiko gempa. Dari sisi infrastruktur, kita juga memungkinkan untuk itu. Karena kita punya fasilitas IT, semua provider ada di sini, dari fasilitas listrik juga termasuk," paparnya.

Dengan kelebihan-kelebihan yang dimiliki PDSI BP Batam ini, merekapun percaya diri untuk mempromosikan data center yang dimiliki PDSI BP Batam ke daerah lain.

Editor: Yudha