Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Industri Kontruksi Beri Andil Besar

Lukita Sambut Baik Pertumbuhan Ekonomi Kepri Triwulan II 2018
Oleh : Redaksi
Selasa | 07-08-2018 | 13:04 WIB
lukita-baru14.jpg Honda-Batam
Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Triwulan II tahun 2018, ekonomi di Kepulauan Riau mengalami pertumbuhan 4,51 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. BPS merilis kategori industri kontruksi memberikan andil sebesar 1,61 persen untuk pencapaian pertumbuhan ekonomi Kepri.

Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo, menyambut baik adanya data dari pihak BPS tersebut. Menurutnya, terlepas dari pencapaian tersebut hal ini menunjukkan bahwa kerja sama yang terjalin antar organisasi pengusaha, industri, pemerintah, serta masyarakat sudah mulai terjalin dengan baik, dan hal ini perlu untuk dipertahankan.

"Meningkatnya pertumbuhan ekonomi Kepri triwulan II ini, hal yang sangat menggembirakan. Ini hasil usaha kita semua. Kita optimistis bisa meningkat lagi di triwulan III dan triwulan IV 2018," ujar Lukita, Selasa (7/8/2018).

Meski begitu, Lukita juga meminta agar kerja sama ini tetap dipertahankan untuk mencapai target, minimal bertahan di angka 5 persen. BP Batam sendiri berkomitmen untuk kembali mendorong ivestasi di Kepri dengan berbagai langkah, termaksud dari sisi peningkatan jumlah wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Sementara bila dilihat dari sisi pengeluaran, pertumbuhan ekonomi terutama didorong komponen pembentukan modal tetap bruto yang mempunyai andil terhadap pertumbuhan sebesar 2,93 persen.

Dari sisi produksi, kategori yang memberikan andil pertumbuhan terbesar, berasal dari kategori transportasi dan pergudangan. Yakni sebesar 0,38 persen. Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan pada triwulan ini terutama disebabkan pengeluaran konsumsi pemerintah yang mempunyai andil sebesar 2,40 persen dan pengeluaran konsumsi rumah tangga yang mempunyai andil sebesar 0,87 persen.

Secara keseluruhan, pertumbuhan ekonomi Kepri semester I 2018 mencapai 4,49 persen. Dalam lingkup regional, PDRB Kepri triwulan II 2018 memberikan kontribusi sebesar 7,79 persen terhadap PDRB Pulau Sumatera.

Editor: Yudha