Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tips Bikin Kabin Tetap Kinclong Tanpa Perlu ke Salon Mobil
Oleh : Redaksi
Selasa | 31-07-2018 | 13:40 WIB
kabin-mobil1.jpg Honda-Batam
Kabin mobil.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Menjaga kabin mobil tetap bersih sebenarnya bukan perkara sulit. Perawatan ringan dan sederhana bisa dilakukan sendiri oleh pemilik dan momen paling pas dikerjakan saat punya waktu luang lebih, misalnya pada akhir pekan.

Kata kuncinya rutin. Bersih-bersih sederhana namun bila dilakukan teratur bisa menjaga level kebersihan kabin tetap prima.

Kebiasaan kurang baik yang kerap dilakukan pemilik yaitu mengabaikan kotoran untuk dibersihkan. Padahal kotoran yang terlalu lama dibiarkan bisa menjadi makin sulit dibereskan.

Andai pemilik disiplin sigap membersihkan kotoran begitu kejadian kemudian ditambah perawatan rutin tiap akhir pekan, niscaya kabin selalu bersih setiap kali digunakan.

Berikut bagian-bagian kabin yang bisa dibersihkan pemilik tiap akhir pekan tanpa perlu pergi ke salon mobil atau jasa pencucian:

1. Pelapis jok
Bagian ini merupakan permukaan yang paling sering bersentuhan dengan tubuh penumpang jadi sudah pasti sering kotor.

Menurut Edi dari rumah modifikasi interior Vertue Concept, membersihkan pelapis jok paling gampang menggunakan sabun bayi karena kandungan di dalamnya dianggap aman buat macam-macam jenis pelapis jok.

"Pembersihan interior yang terbaik dilakukan dua kali dalam sepekan. Pembersih noda khusus buat kotoran membandel boleh digunakan tetapi tidak disarankan sering sebab bisa merusak lapisan," kata Edi.

2. Kompartemen
Tanpa tempat sampah khusus di kabin, barang-barang seperti botol minuman bekas, bungkus makanan sisa, atau tisu kotor, mungkin saja diletakkan di sela-sela kompartemen pintu, dasbor, atau konsol tengah.

Saat akhir pekan, pemilik bisa mengecek satu per satu kompartemen tersebut untuk membersihkan sampah yang tidak kelihatan mata. Cara membersihkannya bisa memakai lap basah kemudian lap kering atau paling praktis menggunakan plas chamois atau akrab disebut 'kanebo'.

3. Karpet pelapis
Membersihkan karpet pelapis tidak bisa ala kadarnya, sebab bagian ini merupakan yang paling kotor karena bersinggungan dengan alas kaki. Tanpa perlu ke salon mobil atau jasa pencucian mobil yang punya penyedot debu, pemilik juga bisa membersihkannya memakai sikat lembut dan sabun bayi.

Penting untuk dilakukan, pembersihan dilakukan setelah karpet pelapis dikeluarkan dari mobil. Buat membersihkan karpet pelapis yang berbahan bulu, saat menyikat lebih baik searah. Gunanya agar kotoran mudah keluar dari karpet.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha