Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gubernur Nurdin Buka POPDA VII Kepri di Lingga

Peserta POPDA Diminta Tunjukan Kemampuan Terbaik untuk Masa Depan Kepri Gemilang
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 24-07-2018 | 19:52 WIB
piala-popda.jpg Honda-Batam
Gubernur Kepri Nurdin Basirun dan Kadispora mengangkat piala bergilir POPDA disaksikan Bupati Lingga Alias Wello. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Gubernur Provinsi Kepri Nurdin Basirun membuka Pekan Oleh Raga Pelajar Daerah (POPDA) VII Provinsi Kepri tahun 2018 di Kabupaten Lingga, Selasa (24/7/2018).

Dengan pelaksanan POPDA Kepri, Nurdin Basirun berharap tongkat estafet pengembangan minat dan kualitas sumber daya manusia (SDM) pemuda Provinsi Kepri di bidang olahraga dapat terus lahir.

"Jadikan momen POPDA ini sebagai ajang menunjukan kemampuan terbaik, untuk masa depan gemilang Provinsi Kepri," ujar Nurdin, saat membuka POPDA VII Provinsi Kepri 2018 di Lapangan Merdeka, Dabo Singkep, Kabupaten Lingga.

POPDA kata Nurdin, merupakan lahan yang tepat bagi para pelajar selain fokus utama mereka adalah pendidikan formal, potensi diri juga bisa dapat berkembang di sini.

"Ini akan memberi pengaruh yang positif, perjuangan para atlet muda ini akan berperan mengharumkan daerah masing-masing," lanjut Nurdin.

Nurdin juga memberi apresiasi, kepada Kabupaten Lingga yang kembali menjadi tuan rumah POPDA Kepri 2018 dalam ivent besar setelah sebelumnya sukses menggelar MTQ VII Tingkat Provinsi Kepri awal tahun lalu.

"Melalui iven POPDA ini, kami berharap Pemkab Lingga dapat terus mengembangkan olahraga yang berkelanjutan dan berprestasi baik lokal maupun nasional," kata Nurdin.

Sambutan penuh hangat, keakraban dan kemeriahan, kata Nurdin, didapat para kontingen masing-masing kabupaten dan kota selama berada di Lingga.

Pada kesempatan itu, Nurdin juga mengucapkan selamat kepada para peserta yang telah terpilih mewakili kabupaten/kota masing-masing dalam ajang POPDA tersebut.

"Jadika momen ini sebagai ajang menunjukan kemampuan, serta bertanding dengan penuh sportivitas. Kepada official pertandingan dan wasit, juga diharapkan dapat memimpin semua perlombaan dengan dengan adil dan bertanggungjawab," katanya.

Dengan semangat, Nurdin juga mengatakan, agar para peserta, meletakan Garuda di dada masing-masing serta Merah Putih di dada kiri dan NKRI dalam hati.

"Selamat bertanding dan semoga berhasil," kata Nurdin.

POPDA sendiri berlangsung pada 20-28 Juli 2018 bertempat di Kabupaten Lingga, dengan total keseluruhan peserta dari 7 kabupaten/kota sebanyak 1.241 orang dan akan mempertandingkan 10 cabang olahraga seperti: Atletik, Renang, Bulu Tangkis, Tenis Lapangan, Bola Basket, Bola Voli, Sepak Bola, Sepak Takraw, Tenis Meja dan Pencak Silat.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Maifirizon dalam laporannya mengatakan pelaksanaan POPDA sendiri merupakan sistem kompetisi yang berjenjang dan berkelanjutan. POPDA merupakan babak kualifikasi dari 10 cabang yang dipertandingkan dan merupakan sarana kualifikasi untuk POPWIL yang diadakan dua tahun sekali.

"POPDA merupakan bagian dari pembinaan olahraga pelajar di Indonesia," kata Maifrizon.

Maifrizon melanjutkan, POPDA diharapkan dapat menjadi ajang kebangkitan bagi pembinaan atlet daerah. "Multi ajang yang melibatkan para atlet pelajar muda ini memang menjadi jembatan menciptakan atlet-atlet handal yang akan membawa nama daerah berprestasi di ajang nasional," demikian Maifirizon.

Editor: Gokli