Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jadikan Batam Hub Trading dan Punya Cabang di Thailand serta Australia

PT Pertamina Lubricants Ekspor Perdana Lube Base Oil ke China Melalui Batam
Oleh : Nando Sirait
Jum\'at | 25-05-2018 | 13:04 WIB
pertamina1.jpg Honda-Batam
Pemutaran valve sebagai penanda ekspor Lube Oil yang dilakukan PT Pertamina Lubricants (Foto: Nando Sirait)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Pertamina Lubricants, salah satu anak perusahaan dari PT Pertamina (Persero) resmi melakukan ekspor Lube Base Oil secara perdana melalui Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Kabil, Kecamatan Nongsa, Jumat (25/05/2018) pagi.

Direktur Utama PT Pertamina Lubricants, Afandi Anwar, menjelaskan kegiatan yang dilaksanakan di Batam pada hari ini, merupakan salah satu visinya untuk menjadi perusahaan pelumas kelas dunia dengan melakukan ekspor perdana Lube Base Oil (LBO) Brightstock 150 (BS) melalui TBBM Kabil (Kawasan Bilateral) Batam.

"Dalam ekspor ini, PT Pertamina Lubricants akan mengirimkan lebih dari 6.000 MT LBO BS 150 kepada PT Petro China International (H.K) Co., Ltd dengan tujuan Taichan Port, China. Kita juga ingin mempercepat bisnis oversis kita, salah satunya adalah ekspor bahan baku pembuatan pelumas yang kita lakukan hari ini," ujarnya.

Afandi juga menjelaskan, PT Pertamina Lubricants terus berkomitmen untuk mengoptimalkan kemampuannya bersaing di pasar Internasional khususnya di Asia. Pengiriman ekspor LBO BS150 sebelumnya dilakukan dari Refinery (RU) IV Cilacap dan akhirnya dilakukan melalui TBBM Kabil, Batam.

Hal tersebut dikarenakan Kabil Batam memiliki kapasitas penyimpanan stock yang lebih besar, Port Restriction yang lebih Customer-Friendly, seperti melakukan ekspor dengan bulk/vessel dan kemampuan untuk mengakomodir spek kapal yang lebih besar seperti Kapal jenis Ocean Going dan Mother Vessel.

"Jadi saat ini yang kami lakukan adalah bahan baku yang berasal dari kilang kami yang berada di Cilacap dan juga Dumai akan kami tampung di sini. Untuk pengiriman yang kami lakukan lewat Batam adalah pengiriman dalam jumlah besar untuk costumer langganan kami. Di mana salah satu kendala kami pada saat melakukan ekspor kepada costumer melalui Cilacap adalah kondisi pelabuhan yang tidak memungkinkan untuk kapal jenis Bulk Tanker," lanjutnya.

Saat ini PT Pertamina Lubricants sendiri diakui sudah menjadi market leader di Indonesia dengan jumlah pengguna yang telah mencapai 60 persen. Hal inilah yang menjadi salah satu unsur yang mendorong PT Pertamina Lubricants mulai melirik pasar global. Afandi juga menjelaskan, saat ini pihaknya telah melakukan ekspor ke 17 negara di kawasan Asia.

PT Pertamina Lubricants juga berkomitmen dan berupaya untuk merealisasikan visi bisnisnya di semua lini, termasuk meningkatkan kapasitas trading LBO di pasar regional dan internasional.

Ke depannya, Pertamina Lubricants akan terus memaksimalkan penjualan dan ekspor melalui TBBM Kabil ini, di antaranya penjualan melalui flexy bag, partai kecil (retail), dan IBC hasil blending dan hasil trading.

Aktivitas trading LBO PT Pertamina Lubricants ini juga menambahkan volume perdagangan ekspor melalui Batam, meningkatkan traffic kapal tanker di perairan Batam dan memaksimalkan infrastruktur di Batam, serta dapat memobilisasi anak perusahaan Pertamina lainnya dan bisnis-bisnis lokal di Batam.

Kegiatan Trading LBO di Batam ini merupakan sinergi antarAnak Perusahaan Pertamina yakni PT Pertamina Lubricants dan PT Pertamina Patra Niaga serta bekerja sama dengan BP Batam, dalam hal infrastruktur pelabuhan dan tank-farm Kabil Batam.

Eksport perdana yang dilakukan oleh PT Pertamina Lubricants ini diakui menandakan kemampuan salah satu anak perusahaan PT Pertamina (Persero) dalam pengelolahan base oil ke pasar Internasional dengan skala dan volume yang lebih besar serta jarak yang lebih jauh. Ke depannya, pihaknya akan melakukan penjajakan untuk melakukan eskpor ke berbagai region seperti India, Timur Tengah dan Eropa.

"Saat ini kan tadi sudah saya jelaskan target awal adalah pasar Asia, untuk ini kami juga telah melakukan beberapa hal di mana kami sudah memiliki cabang di Australia dan juga Thailand. Di sana kita sudah mengakusisi salah satu perusahaan pelumas lokal yakni Amaco Production," jelasnya.

Editor: Udin