Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Biaya Pernikahan Pangeran Harry-Meghan Markle Capai Rp637 M
Oleh : Redaksi
Selasa | 22-05-2018 | 09:16 WIB
pernikahan1.jpg Honda-Batam
Pesta pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle pada Sabtu (19/5) diperkirakan menghabiskan biaya hingga US$45 juta atau sekitar Rp637 miliar. (Foto: REUTERS/Damir Sagolj)

BATAMTODAY.COM, Inggris - Pernikahan anggota keluarga kerajaan Pangeran Harry dan Meghan Markle pada Sabtu (19/5/2018) lalu diperkirakan menghabiskan biaya yang tak sedikit. Ditengarai kisaran biaya yang dihabiskan mencapai US Dolar 45 juta atau Rp637 miliar.

Dari angka itu, biaya terbesar ternyata bukan untuk sewa gedung, baju atau makanan, tapi pengamanan yang diperkirakan mencapai US Dolar 40juta atau Rp567 miliar.

Dilaporkan CBS News, total biaya pernikahan Harry-Meghan tersebut juga lebih mahal dibandingkan pernikahan Pangeran William-Kate Middleton yang 'hanya' sekitar US Dolar 34 juta atau sekitar Rp482 miliar. Namun tetap saja, pernikahan ayah mereka, Pangeran Charles dan mendiang Putri Diana jadi yang termahal yakni mencapai US Dolar 110 juta atau sekitar Rp1,5 triliun.

Mengutip dari Harpers Bazaar, biaya pengamanan yang cukup besar tersebut disebabkan luasan cakupan yang besar dari gelaran pesta kali ini. Petugas keamanan bertanggung jawab atas rasa aman para anggota keluarga, tamu dan publik yang hadir.

Dibanding dengan royal wedding William-Kate pada 2011 lalu, biaya pengamanan terbilang lebih 'hemat' yakni US Dolar 32 juta atau sekitar Rp453 miliar.

Meski pernikahan tidak digelar di pusat kota London, ribuan tamu undangan dipastikan hadir di Windsor Castle untuk resepsi. Selain itu sekitar 100ribu penonton diperkirakan memenuhi Kota Windsor.

Jangan dibayangkan pengamanan ala-ala alias seadanya. Aplikasi perencana pernikahan Inggris, bridebook menyebut protokol keamanan meliputi penembak jarak jauh atau sniper di atap-atap gedung, polisi di sekitar jalan, tempat sistem UAV yang mampu menon-aktifkan penyusup dan drone milik paparazi, dan juga perusak drone.

Melanie Bromley, E! royal expert berkata sistem keamanan super ketat ini juga dipengaruhi posisi pengantin pria. Harry diketahui pernah turut dalam wajib militer.

"Harry bisa jadi target yang rentan berkat penugasannya di angkatan bersenjata," katanya dikutip dari Harpers Bazaar.

Meghan beli gaun sendiri

Sebelumnya telah diumumkan bahwa kerajaan yang akan menanggung biaya royal wedding. Namun 'nota' hanya berlaku untuk bagian inti dari acara pernikahan seperti pelayanan gereja, musik, bunga, dekorasi, dan resepsi setelah pemberkatan.

Sedangkan untuk gaun pernikahan, sangat memungkinkan jika pengantin memilih sendiri. Apalagi gaun Meghan adalah gaun custom yang dipesan dari Givenchy Haute Couture.

"Saya tidak akan kaget kalau Meghan memutuskan untuk membayar sebagian biayanya sendiri sehingga ia bisa memiliki gaun impiannya. Dia kaya dan dia ingin gaun yang sesuai untuk seorang putri," ujar Melanie.

Hal senada juga diutarakan Mark Niemierko, seorang perencana pernikahan pada CNN Money. Meghan memungkinkan membeli sendiri gaun pernikahannya.

Selain gaun, detil-detil lain termasuk konsumsi tamu juga masuk perhitungan. Dilansir CNBC, Aimee Dunne, perencana pernikahan, menyebut makanan dan minuman selama acara bisa menghabiskan US Dolar 680ribu (Rp9,6 miliar), tenda kaca menghabiskan US Dolar 400ribu (Rp5,6 miliar) dan bunga mencapai US Dolar 130ribu (Rp1,8 miliar).

Bridebook pun memprediksi tempat pernikahan menghabiskan Rp6,6 miliar (US Dolar 470 ribu), dokumentasi foto dan video Rp311 juta (US Dolar 22ribu), kue pernikahan Rp95 juta (US Dolar 67ribu), alat tulis Rp382 juta (US Dolar 27ribu), musik Rp5,6 miliar (US Dolar 400ribu), dekorasi Rp2,4 miliar (US Dolar 175ribu), cincin pernikahan Rp113juta (US$8ribu).

Di samping itu, ada juga biaya untuk busana pagar ayu dan pagar bagus Rp32 juta (US Dolar 2.287), biaya di Kapel St George Rp3,3 juta (US Dolar 235), seragam pengantin laki-laki Rp141 juta (US Dolar 10ribu), rambut dan make up Rp184 juta (US Dolar 13ribu), hiburan Rp1,04 miliar (US Dolar 74ribu).

Sumber: CNN INdonesia
Editor: Udin