Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tingkatkan Kapasitas Jaringan

Telkomsel Antisipasi Lonjakan Trafik Telekomunikasi saat Acara MTQ Kepri di Lingga
Oleh : Suci Ramadhani
Jum\'at | 11-05-2018 | 18:28 WIB
pasang-jaringan.jpg Honda-Batam
Telkomsel meningkatkan kapasitas jaringan dengan menambah 1 site mini Compact Mobile Base Station (COMBAT) dengan kemampuan layanan 3G dan 4G yang diinstal di area pusat kegiatan, di Astaka Utama MTQ di Desa Lanjut, Singkep Pesisir (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Untuk mengantisipasi tingginya trafik telekomunikasi pada acara MTQ Provinsi Kepulauan Riau yang diadakan di Desa Lanjut, Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga, yang digelar mulai 8-15 Mei 2018, Telkomsel melakukan peningkatan kapasitas jaringan.

Selain itu, Telkomsel juga menyediakan berbagai perangkat telekomunikasi guna mendukung kelancaran salah satu perhelatan akbar, guna mendapatkan Qori dan Qoriah terbaik yang akan menjadi perwakilan Kepulauan Riau dalam penyelenggaraan MTQ tingkat nasional nantinya.

Manager Network Service Batam Telkomsel, Andi Suapril, mengatakan Telkomsel dalam perhelatan akbar ini antara lain melakukan pengawalan infrastruktur untuk mendukung optimalisasi jaringan untuk kebutuhan komunikasi seluler pelanggan, peserta MTQ dan masyarakat.

"Telkomsel juga meningkatkan kapasitas jaringan dengan menambah 1 site mini Compact Mobile Base Station (COMBAT) dengan kemampuan layanan 3G dan 4G yang diinstal di area pusat kegiatan, di Astaka Utama MTQ di Desa Lanjut, Singkep Pesisir, sebagai lokasi pembukaan dan penutupan acara MTQ tingkat Provinsi Kepulauan Riau," katanya, Jum'at (11/5/2018)

Telkomsel melakukan penambahan kapasitas transportasi penggunaan data di Kota Dabo yang merupakan kota terbesar kedua di Kabupaten Lingga, sebagai lokasi perhelatan lomba MTQ Provinsi Kepulauan Riau. Di mana Telkomsel melakukan upgrade kapasitas dari 300 Mbps menjadi 800 Mbps.

"Kebutuhan telekomunikasi seluler dipastikan akan meningkat, mengingat acara ini tidak hanya sekadar diramaikan oleh undangan, awak media, tetapi juga masyarakat di Desa Lanjut Singkep Pesisir Kabupaten Lingga, yang antusias menantikan kegiatan MTQ ini. Hal ini berpotensi akan meningkatkan trafik komunikasi, baik suara maupun layanan data," katanya

Bahkan untuk menjaga agar pelanggan dapat terus berkomunikasi dengan nyaman dan menikmati kualitas terbaik, katanya lagi, Telkomsel menambah kapasitas jaringan, khususnya untuk menjaga kualitas layanan data.

Tingginya penggunaan layanan data tersebut antara lain dipicu oleh aktivitas sosial media serta penggunaan aplikasi pesan instan oleh para tamu undangan dan masyarakat, seperti mengunggah foto dan video di lokasi kegiatan.

Di samping itu, pengunjung juga memanfaatkan layanan data untuk mengakses berbagai kegiatan yang berlangsung selama acara MTQ tingkat Provinsi Kepulauan Riau tersebut.

"Untuk menjaga kenyamanan penggunaan telekomunikasi, Telkomsel juga menyiagakan Mobile Backup Power (MBP) untuk mengantisipasi jika terjadi putusnya catuan daya listrik ke BTS di sekitar kegiatan. MBP tersebut ditempatkan pada setiap site yang meng-cover acara ini terutama dilokasi COMBAT, sehingga bila terjadi permasalahan terkait catuan daya listrik, maka MBP siap menggantikannya," tambahnya.

Seluruh persiapan pengawalan infrastruktur dan layanan komunikasi dalam menyambut acara MTQ yang telah dinanti oleh seluruh lapisan masyarakat ini, telah dipersiapkan Telkomsel secara matang sebagai upaya menciptakan great experience seluruh peserta MTQ dan masyarkat di Provinsi Kelupauan Riau, khususnya warga di Kabupaten Lingga yang turut menghadiri acara itu.

Editor: Udin