Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peringatan May Day, Polsek Singkep Barat Bagikan Helm Safety
Oleh : Nurjali
Selasa | 01-05-2018 | 14:42 WIB
bagikan-helm1.jpg Honda-Batam
Kapolsek Singkep Barat Iptu Idris memasangkan helm kepada salah satu buruh. (Foto: Nurjali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Dalam rangka meperingati Hari Buruh Sedunia (May Day), Polsek Singkep Barat, Kabupaten Lingga, membagikan helm safety untuk keselamatan kerja.

Peringatan Hari Buruh kali ini di Kabupaten Lingga dilaksanakan di tiga titik, yakni Singkep Barat, Pelabuhan Penumpang Desa Jagoh, Pelabuhan Bongkar Muat Desa Sungai Buluh dan Pelabuhan Bongkar Muat Kuala Raya.

Kepala Kepolisian (Kapolsek) Singkep Barat, Inspektur Satu (Iptu) Idris, mengatakan, pembagian helm ini bertujuan agar para buruh selalu mengedepankan keselamatan saat bekerja dan benar-benar memperhatikan K3 (Kesehatan dan keselamatan kerja) sehingga berbagai kejadian kecelakaan kerja dapat ditekan.

"Helm ini sangat bermanfaat bagi para buruh, kita ingin para buruh memperhatikan K3 saat bekerja karna itu penting," jelasnya.

Buruh yang ada di Kecamatan Singkep barat saat ini berjumlah kurang lebih seratus, dengan rincian di pelabuhan penumpang Jagoh sekitar 60-an orang, pelabuhan bongkar muat Sungai Buluh sekitar 60-an orang, dan belasan buruh di pelabuhan bongkar muat Kuala Raya.

Para buruh tersebut, kata Kapolsek Singkep Barat ini, kadang tidak memperhatikan keselamatannya saat bekerja, sehingga rentan terhadap resiko kecelakaan kerja.

Sebagai Kapolsek baru di Singkep Barat, Idris ingin agar sinergitas antara pekerja buruh dengan kepolisian terjalin dengan baik, sehingga berbagai tindakan yang berpotensi terjadinya konflik dan tindakan-tindakan kriminal di lingkungan buruh dapat dideteksi lebih awal.

Selain itu, Idris juga berharap agar kegiatan tersebut dapat menjadi contoh pada perayaan-perayaan hari buruh, yakni melaksanakan kegiatan hari buruh dengan kegiatan yang lebih bermanfaat.

"Polisi dan buruh bersinergi, berbagai tindakan kejahatan yang menganggu keamanan dan kenyamanan dapat diminimalisir," sebutnya.

Kegiatan ini mendapat respon yang baik dari para buruh yang ada di Kecamatan Singkep Barat. Bahkan, beberapa di antaranya mengaku sangat terbantu dengan bantuan yang telah diberikan.

Sebelum menggelar kegiatan di pelabuhan bongkar muat Kuala Raya, Kapolsek juga telah membagikan gerobak bagi para buruh dan Helm SNI kepada para pengojek.

Editor: Yudha