Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapal Kayu yang Tenggelam di Perairan Horseburgh Ternyata Mengangkut 105 TKI
Oleh : Roland Aritonang
Kamis | 19-04-2018 | 11:18 WIB
timsar2.jpg Honda-Batam
Kepala Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Kelas I Tanjungpinang Budi Cahyadi menjelaskan posisi kapal tengelam. (Foto: Roland)

BATAMTODAY. COM, Tanjungpinang - Sebuah kapal berpenumpang 105 orang, yang tenggelam di perairan Horseburgh, Kamis (19/4/2018) sekitar pukul 02.53 WIB dini hari tadi, ternyata kapal yang mengangkut TKI dari Bandar Penawar Johor ke Indonesia (Bintan/Batam).

"Untuk informasi yang kita dapat 105 orang itu adalah TKI yang berasal dari Johor Malaysia," ujar Kepala Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Kelas I Tanjungpinang Budi Cahyadi, saat ditemui di kantornya, Kamis(19/4/2018) siang.

Keterangan itu, kata Budi, diperoleh dari kepolisian setempat. Namun untuk nama dan ukuran kapal pihaknya belum mendapat informasi. Begitu juga terkait nama-nama ke-105 TKI, dan apakah ada korban, pihaknya juga belum mengetahui.

"Kita tidak tahu nama kapalnya, berapa GT-nya. Tetapi yang jelas kapal kayu pengangkut TKI," kata Budi yang mengaku belum mendapat informasi terkait keberadaan ke-105 TKI tersebut.

Sebelumnya diberitakan, Sebuah kapal yang mengangkut 105 penumpang dari Bandar Penawar Johor ke Indonesia (Bintan/Batam) mengalami kecelakaan laut di perairan Horseburgh (Batu Putih), Kamis (19/4/2018) sekitar pukul 02.53 WIB.

Kepala Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Kelas I Tanjungpinang Budi Cahyadi membenarkan laka laut tersebut. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Coastguard Singapore, kata Budi, bahwa telah terjadi kecelakaan kapal di perairan Horseburgh,dengan penumpang sebanyak 105.

Kapal yang belum diketahui namanya itu berlayar dari Bandar Penawar Johor menuju Bintan/Batam. "Kita dapat informasi dari coastguard pagi tadi, dan tim kita sedang menuju ke lokasi," ujar Budi.

Editor: Gokli