Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Unit SAR BNPP Kepri Berdiri di Lingga
Oleh : Bayu Yiyanda
Jum\'at | 16-03-2018 | 17:26 WIB
Basarnas-Tanjungpinang121.gif Honda-Batam
Tim Basarnas dalam satu kegiatan. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Provinsi Kepri akhirnya mendirikan pos Unit Siaga SAR di wilayah Kabupaten Lingga.

Awalnya pendirian ini sudah direncanakan dan berjalan oleh pihak BNPP pada awal Januari 2018 lalu seperti permintaan Pemkab para pertemuan di Batam akhir tahun lalu. Namun, karena ada terkendala, akhirnya diundur hingga baru biisa dimulai pada 1 April mendatang.

Demikiang ungkap Kepala BNPP Kelas I A Tanjungpinang, Budi Cahyadi mengatakan untuk sementara, Unit Siaga tersebut akan menggunakan gedung lama yang pernah digunakan sebagai Kantor Bea Cukai di Desa Penuba, Kecamatan Selayar.

"Alhamdulillah pembicaraan dengan Wakil Bupati kemarin Kamis (15/3/2018) kami (Basarnas) sangat disambut baik oleh Pemda Lingga dimana Pemda Lingga menyiapkan gedung pinjam pakai di Kecamatan Selayar yang sangat strategis karena persis di depan dermaga," ujar Budi Cahyadi kepada BATAMTODAY Jumat (16/3/2018).

Untuk tahap awal, pihaknya nanti akan mengirimkan sebanyak 5 orang anggota BNPP. Namun, tidak menutup kemungkinan akan adanya penambahan baik dari pihaknya ataupun Pemkab Lingga.

"Insya Allah tanggal 1 April kita sudah mulai. Untuk tahap awal kita akan kirimkan peralatan yaitu perahu karet peralatan mountenering, peralatan komunikasi dan lain sebagaimana diperlukan," katanya

Sebagaimana untuk diketahui, pendirian unit SAR ini merupakan permintaan pemerintah Kabupaten Lingga. Dimana permintaan disampaikan pada akhir tahun 2017 lalu dan berharap segera berdiri dengan melakukan pertemuan bersama pihak BNPP Provinsi Kepri di Batam dan juga pernah menemui langsung Kepala BNPP Pusat. Mengingat kondisi wilayahnya yang hampir dikelilingi lautan sangat rawan terjadi kecelakaan.

Editor: Dardani