Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kodim 0315/Bintan Berhasil Motivasi Nelayan Marok Kecil Lingga Jadi Petani
Oleh : Bayu Yiyandi
Selasa | 27-02-2018 | 18:38 WIB
panen-perdana-nelayani-lingga.jpg Honda-Batam
Panen padi perdana jenis Inpara 3 yang diuji coba di lahan percontohan Kodim seluas 0,2 Ha bersama warga Desa Marok Kecil, Kecamatan Singkep Selatan.(Foto: Bayu Yiyandi)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Kodim 0315/Bintan berhasil memotivasi masyarakat Desa Marok Kecil, Kecamatan Singkep Selatan yang berprofesi sebagai nelayan menjadi seorang petani. Keberhasilan itu dilihat dari panen padi perdana jenis Inpara 3 yang diuji coba di lahan percontohan Kodim seluas 0,2 Ha bersama warga di desa tersebut.

"Alhamdulillah, masyarakat Desa Marok Kecil yang keseharian hidupnya bekerja sebagai nelayan secara perlahan dan bertahap mulai menggeluti pertanian untuk bercocok tanam padi. Hari ini, kami juga melaksanakan panen perdana seluas 0,2 hektar dengan hasil 500 kilogram gabah," ujar Dandim 0315/Bintan, Letnan Kolonel Inf Hari Suseno melalui Pabungnya, Mayor Czi I Putu Suparna B kepada BATAMTODAY.COM, Selasa (27/2/2018).

Dia menjelaskan, upaya mengubah kebiasaan masyarakat dan menyukseskan program pertanian padi tidak lepas dari kerja sama pihak Kodim dengan tim penyuluh dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Lingga. Dengan setiap harinya terus mendampingi kegiatan pertanian, mulai dari mengolah lahan, pembibitan, menanam hingga merawat.

Meskipun hasil yang didapat dari panen belum maksimal, tapi semangat para petani yang dulunya berprofesi sebagai nelayan perlu diancungi jempol, karena mereka sampai saat ini sudah menanam padi seluas 8 Ha.

"Semoga dengan semangat yang tinggi tersebut, 3 bulan ke depan akan menikmati hasilnya dan suatu saat nanti Desa Marok Kecil sebagai penyumbang kebutuhan pangan di Kabupaten Lingga bahkan mungkin Provinsi Kepulauan Riau," katanya.

Editor: Udin