Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tim WFQR Lanal Batam dan Lantamal IV Tangkap Kapal Penyelundup di Perairan Batam
Oleh : Romi Chandra
Jum\'at | 09-02-2018 | 10:38 WIB
tskpen01.jpg Honda-Batam
Tersangka penyelundup barang ilegal yang ditangkap Tim WFQR Lanan Batam dan Lantamal IV. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tim WFQR Lanal Batam bersama tim WFQR Lantamal IV Koarmabar telah melaksanakan penangkapan terhadap speedboat MB Rudi Ekspres bermesin 100 PK dan 50 PK merk Yamaha yang sedang melaksanakan bongkar muat barang ilegal di pelabuhan tidak resmi Sungai Lekop, Sagulung, Kota Batam, Senin (5/2/2018).

Penangkapan berawal adanya informasi yang diterima oleh Tim WFQR Lanal Batam, bahwa akan adanya aktivitas speedboat yang diduga memuat barang-barang ilegal dan akan dibawa ke luar Batam.

Berdasarkan informasi tersebut selanjutnya Tim WFQR Lanal Batam bersama-sama dengan tim WFQR Lantamal IV Koarmabar menindaklanjuti dengan melaksanakan pengamatan melalui darat maupun melalui laut dengan menggunakan Patkamla Sea Rider 1.

Tujuannya, melaksanakan pengamatan dan penyekatan di jalur yang diduga akan dilalui oleh speedboat tersebut.

"Berdasarkan pengamatan, diketahui benar adanya kegiatan loading muatan ke sebuah speedboat yang sandar di salah satu pelabuhan tikus di Sungai Lekop Sagulung," ungkap Komandan Lanal Batam Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan, Kamis (9/2/2018).

Pada saat proses muat barang sedang berlangsung tambahnya, Tim WFQR laksung melalukan penyergapan secara bersama-sama dengan Patkamla Sea Rider I dari arah laut.

Dari penangkapan tersebut, diperoleh keterangan awal bahwa jumlah muatan sebanyak 258 dus terdiri dari kitchen wear 24 dus dan peralatan elektronik 234 dus.

Sedangkan barang-barang tersebut tanpa dilengkapi dengan dokumen resmi. "Pemilik barang tersebut merupakan orang Jakarta berinisial W, sedangkan sebagai broker di Batam seorang pria berinisial PM. Barang muatan yang berhasil diamankan rencananya akan dibawa ke Tanjung Batu," jelasnya.

Hasil tangkapan ini merupakan salah satu target operasi dari Tim Gabungan WFQR Lantamal IV Koarmabar. Selanjutnya secara terus menerus akan melaksanakan pemberantasan terhadap semua kegiatan penyelundupan yang dapat merugikan negara.

Selanjutnya kapal MB. Rudi Ekpres dengan tekong Sdr R, Pengurus, F, dan ABK K,AD, AK dan muatan dikawal oleh Sea Rider 1 menuju dermaga Lanal Batam, untuk proses penyelidikan lebih lanjut.

Editor: Gokli