Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pendidikan Vokasi Terobosan Atasi Persoalan Angkatan Kerja
Oleh : Irawan
Kamis | 01-02-2018 | 14:26 WIB
Haripinto21.jpg Honda-Batam
Senator Haripinto Tanuwdijaja, Anggota DPD RI asal Provinsi Kepulauan Riau

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Senator Haripinto Tanuwidjaja menilai, pendidikan dan pelatihan vokasi menjadi terobosan untuk mengatasi persoalan angkatan kerja yang belum terserap pasar kerja.

"Jika pendidikan vokasi tidak memiliki kedudukan yang seimbang dengan pendidikan formal, termasuk dalam hal alokasi anggaran, maka kualitas SDM dan pengangguran akan terus menjadi persoalaan dalam dunia ketenagakerjaan kerja," kata Haripinto, Kamis (1/2/2018).

Menurut Haripinto, perkembangan teknologi, politik dan ekonomi menuntut peningkatan kompetisi SDM karena persaingan tenaga kerja nasional maupun global yang semakin ketat.

"Kompetisi dan kualitas SDM di Indonesia harus terus bergerak di atas standar pasar tenaga kerja. Membangun daerah dengan meningkatkan SDM sama dengan memajukan pembangunan ekonomi Indonesia yang berkeadilan," kata Anggota Komite II DPD RI ini.

Haripinto menegaskan, peningkatkan kualitas SDM bagi industri sangat penting karena menyerap lapangan kerja, sehingga perlu peningkatan SDM melalui pendidikan vokasi.

"Peningkatan SDM karena itu menjadi sangat penting, terlebih lagi bagi industri-industri yang banyak menyerap lapangan pekerjaan. Untuk itu mari kita tingkatkan kualitas SDM kita melalui pendidikan vokasi," katanya.

Editor: Surya