Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

SMA Kartini Batam Konsisten Pertahankan Tradisi Prestasi
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 30-01-2018 | 16:50 WIB
siswi-sma-kartini.jpg Honda-Batam
Inilah para siswa SMA Kartini Batam yang menjadi juara cerdas cermat. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - SMA Kartini Batam yang dipercaya oleh pemerintah sebagai Sekolah Rujukan, terus konsisten mempertahankan tradisi prestasinya. Baik di tingkat lokal maupun nasional.

Seperti yang terjadi pada Minggu (28/1/2018) lalu. Enam siswa SMA Kartini dan dua guru pembimbing, Ade Irwansyah Putra, S. Pd. dan Zoni Permana, S. Pd berhasil meraih juara lomba cerdas cermat Integral Himatika 2018 untuk siswa SMA/SMK/MA se-Kota Batam yang digelar di Kampus Unrika (Universitas Riau Kepulauan) Batauaji Batam.

Para siswa SMA Kartini Batam itu dibagi menjadi dua kelompok, dan keduanya berhasil meraih juara. Tim pertama, meraih juara 1 (Putu Andre, Valentina Nicson, dan Aurel), sedangkan satu tim lagi meraih juara 2 (Wydelia, Jayne dan Siti Vara).

Kepala SMA Kartini Batam, Akmal, S. Pd. mengatakan, "saya mengucapkan selamat atas prestasi yang sangat membanggakan ini karena untuk meraih juara satu dan dua bukanlah sesuatu yang mudah. Tentu ini berkat kerja keras dan persiapan yang baik oleh anak-anak dan guru pembimbing," ujarnya.

Mengenai persiapan untuk mengikuti lomba tersebut, Ade dan Zoni mengungkapkan, mereka mempersiapkan anak-anak dengan latihan secara intensif selama dua minggu dengan memberikan soal-soal cerdas cermat dan berlatih menjawab pertanyaan dengan cepat. "Kami juga memberi soal cerdas cermat sebanyak mungkin untuk mereka pelajari di rumah," ungkap Ade yang didampingi Zoni.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Ani Muslimah, S.S. menambahkan, pihak sekolah memfasilitasi dan mendukung kegiatan lomba olimpiade sains dan cerdas cermat, dengan memrogramkan pelatihan olimpiade sains bagi siswa yang berkompeten di bidang masing-masing.

"Harapan saya mudah-mudahan siswa siswi SMA Kartini Batam terus berprestasi dan menjadi contoh serta motivasi bagi siswa lain di berbagai perlombaan yang dilaksanakan, baik tingkat kota, provinsi, maupun tingkat nasional." pungkas kepala sekolah, Akmal, S. Pd.

Pelatihan dilaksanakan seminggu sekali melalui wadah ekskul Sains Club. Pelatihnya selain guru mata pelajaran sains di sekolah, juga didatangkan tenaga profesional bidang olimpiade sains bekerjasama dengan Politeknik Batam.

Sewaktu-waktu dibutuhkan untuk lomba, anak-anak sudah ada persiapan. Tinggal pembimbingnya secara intensif melatih mereka dengan frekuensi latihan lebih sering lagi mendekati lomba.

"Sebagai sekolah yang dipercaya oleh Dirjen PSMA untuk melaksanakan program Sekolah Rujukan, kami melaksanakan berbagai program peningkatan 8 Standar Pendidikan Nasional. Sehingga alhamdulillah, SMA Kartini tetap dapat mempertahankan bahkan meningkatkan prestasi, baik akademik maupun nonakademik. Program pelatihan olimpiade dan cerdas cermat salah satunya," papar Ani Muslimah.

Sedangkan Putu Andre, Valentina, dan Siti Vara yang sebentar lagi menjalani Ujian Nasional menuturkan pengalamannya. Kami merasa senang bisa mengharumkan nama sekolah di detik-detik terakhir kami berada di sekolah, sebelum akhirnya kami melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Semoga adik-adik kelas yang lain bisa mempertahankan prestasi yang telah diperoleh SMA Kartini, baik dalam bidang akademik maupun nonakademik.

Editor: Dardani