Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Banjir dan Longsor di Tambelan dan Jemaja

Nurdin Perintahkan Dinsos, Dinkes serta BPBD Segera Turun Bantu Korban Bencana Alam
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 16-01-2018 | 09:14 WIB
gubernur-rakor-dengan-opd.jpg Honda-Batam
Rakor OPD dan Gubernur membahas musibah banjir di Tarempa, Letung dan Jemaja Anambas (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Provinsi Kepri, mengajak semua pihak untuk bersama membantu masyarakat Kepri yang sedang mengalami musibah bencana alam banjir dan tanah longsong di Tambelan-Bintan, serta Kecamatan Jemaja, Anambas.

Selain menyampaikan rasa duka, Nurdin juga memerintahakan Dinas Sosial, Dinas Kesehatan serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepri untuk segera turun dan mengirimkan bantuan dalam meringankan beban masyarakat yang terkena musibah bencana alam tersebut.

“Kami mengimbau semua elemen yang terkait, baik masyarakat, pihak swasta terutama pemerintah Kabupaten/ Kota yang ada di Kepulauan Riau, agar bersama-sama turun tangan untuk meringankan beban saudara kita yang tertimpa bencana yang ada di Letung, Kabupaten Kepulauan Anambas," kata Nurdin saat memimpin rapat Rutin OPD Provinsi Kepulauan Riau di ruang rapat Gubernur, Lantai IV, Dompak, Tanjungpinang, Senin (15/01/2018).

Pada kesempatan itu, Nurdin juga memerintahkan langsung Kepada Dinas terkait agar segera menurunkan tim untuk membantu para korban banjir.

Kepada Dinas Kesehatan, Nurdin menginginkan adanya bantuan berupa kehadiran dokter dan obat-obatan. Kepada Dinas Sosial untuk segera membangun posko dan dapur umum serta bekerja sama dengan Tagana setempat, untuk penanganan pertama paska terjadi bencana.

"Untuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah agar segera kirim bantuan berupa tenda, selimut serta perlengkapan makan dan dapur serta kebutuhan lainnya," ujarnya.

Pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, kata mantan Bupati Karimun ini, harus segera diupayakan sehingga masalah yang dihadapi warga segera pulih kembali.

OPD Kepri Kumpulkan Sumbangan Rp250 Juta


Pada rapat tersebut, secara spontan, Nurdin juga mengetuk hati kepala OPD yang hadir, agar secara ikhlas memberikan bantuan dan dari gerakan spontan itu sebanyak Rp250 juta dana bantuan uang terkumpul dari seluruh kepala OPD di Kepri.

“Alhamdulillah, sumbangan berupa uang tunai saat ini terkumpul kurang lebih Rp250 juta. Semoga keikhlasan bantuan yang diberikan oleh rekan-rekan OPD akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Semoga bantuan ini bukan yang terakhir dan akan ada bantuan lain yang menyusul berupa kebutuhan pokok untuk para korban," ucap Nurdin.

Dengan dana yang terkumpul, Nurdin mengatakan bahwa dalam waktu dekat dirinya akan segera berangkat ke Jemaja dan memberikan secara langsung bantuan dari rekan-rekan OPD tersebut.

“Bantuan ini akan saya serahkan langsung kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Semoga dengan sedikit bantuan ini bisa sedikit meringankan beban para korban,” ujar Nurdin.

Selanjutnya untuk bantuan berupa sembako dan kebutuhan pokok lainnya, akan segera dikirim dengan menggunakan Kapal TNI AL atau pesawat dari Lanudal.

“Kita akan koordinasikan lebih lanjut untuk pengantaran bantuan ini secepatnya. Karena cuaca dengan gelombang yang tinggi maka kapal biasa tidak bisa berlayar. Guna mengantarkan bantuan, kita akan minta bantuan dari Lantamal untuk pengangkutan menggunakan Kapal perang atau menggunakan pesawat," ujarnya.

Kepada seluruh masyarakat Kepri, Nurdin juga mengajak, agar semua berdoa untuk masyarakat Kepri yang sedang terkena bencana. Juga berharap agar daerah-daerah lain di Kepri tetap dalam kondisi aman di tengah cuaca yang menghujan terus dalam beberapa waktu ini.

Nurdin menyadari bahwa cuaca berupa angin kencang dan ombak yang tinggi menjadi kejadiaan tahunan yang sering dialami masyarakat pulau di Provinsi Kepri.

Editor: Udin