Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

SMK Negeri 5 Batam Jalin Kerjasama dengan Perusahaan Galangan Kapal
Oleh : Gokli/Dodo
Senin | 19-12-2011 | 13:04 WIB
mou-smk-5.gif Honda-Batam

Penandatanganan MoU antara SMK Negeri 5 Batam dengan dua perusahaan galangan kapal. (Foto: Gokli).

BATAM, batamtoday - SMK Negeri 5 Batam menjalin kerjasama dengan dua perusahaan galangan kapal di wilayah Sagulung untuk meningkatkan kualitas anak didik sekaligus mencetak tenaga kerja siap pakai.

Penandatanganan kerjasama itu dilakukan sekolah tersebut dengan dua perusahaan galangan kapal yakni PT Palindo Marine Shipyard dan PT Marine Cadcam Indonesia pada Sabtu (17/12/2011) lalu.

Wakil Kepala SMK Negeri 5 Batam, Rafio mengatakan kerjasama yang dilakukan pihaknya dengan dua perusahaan itu mencakup rekruitment siswa untuk dijadikan karyawan perusahaan, magang siswa dan pemberian bantuan peralatan praktek bagi sekolah untuk mendukung dan meningkatkan mutu pendidikan siswa.

"Kami juga menjalin kerjasama dengan Lanal Batam dalam membentuk kedisiplinan siswa," tambah Rafio.

Sementara itu , Helena selaku manajer HRD PT Marine Cadcam Indonesia mengungkapkan selama ini pihaknya kesulitan mendapatkan tenaga kerja di sektor galangan kapal yang siap pakai.

"Selama ini yang direkrut dari luar kepri seperti Surabaya dan beberapa tempat lainya, karena memeang Kepri belum bisa menghasilkan tenaga kerja yang siap pakai," kata Helena. 

Hadir juga dalam penandatanganan kerjasama itu, ketua KADIN Batam, Nada Faza Soraya.

Dalam kesempatan tersebut Nada mengatakan dirinya sangat mendukung kerjasama yang dilakukan dan berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi dunia kemaritiman di Kepri.

"Wilayah Kepri 96 persen lautan, tapi sayang kalau perkapalan dan kelautan hanya dikuasai segelintir orang. Buktinya sekolah perkapalan cuma ada satu. Gimana mau bisa kendalikan jika kenyataan begini. Untuk itu mari kita semua dukung SMKN 5 ini sebagai sekolah kebanggaan Batam," kata Nada.