Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dokter Timnas Indonesia akan Menimba Ilmu di Real Madrid
Oleh : Redaksi
Rabu | 13-12-2017 | 18:02 WIB
dokter_timnas.jpg Honda-Batam
Dokter Timnas Indonesia, Syarief Alwi, akan belajar ilmu medis di Real Madrid dan Timnas Spanyol. (Foto: Reuters/Yiannis Kourtoglou)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Dokter Timnas Indonesia, Syarief Alwi, bersiap menjalani misi khusus. Pria asal Manado itu berencana menimba ilmu terkait penanganan medis tim sepak bola ke klub Real Madrid dan Timnas Spanyol.

Ditemui CNNIndonesia.com, Syarief menerangkan akan berangkat pada Jumat (15/12) malam dari Jakarta ke Madrid.

Pria yang akrab disapa Papi itu mengatakan, ia kemungkinan akan berada di Madrid sekitar 10 hari untuk belajar seputar penanganan medis di skuat itu.

"Saya rencana balik pada 26 Desember. Saya di sana juga upayakan ikut menyaksikan pertandingan El Clasico [Real Madrid vs Barcelona]," ujar Syarief.

Laga El Clasico di Stadion Santiago Bernabeu bakal digelar pada 23 Desember. Pada laga itu, Syarief melanjutkan, ia akan mengikuti tim Los Blancos untuk belajar lebih dekat soal penanganan medis para pemain.

"Kita lihat nanti, saya akan ikut masuk di tim senior [Real Madrid]. Saya akan belajar langsung soal medis dari sebelum, saat, dan setelah pertandingan," kata Syarief.

Selain di Madrid, ia juga akan mencuri ilmu di Timnas Spanyol untuk mendapatkan ilmu penanganan medis secara lebih baik.
Aspek medis dinilai Syarief Alwi menjadi bagian yang tak kalah penting di Timnas Indonesia. (Aspek medis dinilai Syarief Alwi menjadi bagian yang tak kalah penting di Timnas Indonesia. (CNN Indonesia/M. Arby Rahmat Putratama H)
"Tujuannya, kami mau mempelajari terkait cara penanganan medis yang benar dalam sepak bola modern. Selama ini kan masih simpang siur."

"Apalagi di Timnas Spanyol, mereka sudah jelas [soal penanganan medis] mulai dari A, B, C, hingga seterusnya. Saya ingin mempelajari lebih detail lagi."

Jika kebetulan Madrid dan Timnas Spanyol sedang tidak menjalankan program latihan, Syarief hanya akan menemui tim medis skuat tersebut untuk belajar langsung.

Sebenarnya bukan hanya Syarief yang ditugasi belajar singkat di Spanyol. Fisioterapis skuat Garuda, Imanuel Maulang juga sedianya berangkat. Namun, ia berhalangan karena harus mempersiapkan pernikahannya.

Syarief mengungkapkan memiliki akses untuk menimba ilmu ke klub Los Blancos maupun ke skuat La Furia Roja berkat koneksi pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla, di sana.

"Tentu saja Luis [Milla] yang fasilitasi. Kalau tidak ada dia, bagaimana caranya masuk?" terang dokter yang hobi melontarkan guyonan itu.

Di Spanyol, Syarief juga akan menyempatkan menyambangi Valencia untuk bertandang ke rumah asisten Milla, Miguel Gandia.

"Saya hanya main saja [ke rumah Gandia] di Valencia. Nanti dia ngambek dan tidak mau datang ke kampung saya kalau saya tidak ke sana," kata Syarief, berseloroh.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Dardani