Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ketua Dekranasda Bintan Apresiasi Kerajinan Kerang Kube Manggar Abadi
Oleh : Harjo
Rabu | 13-12-2017 | 11:14 WIB
Dby.jpg Honda-Batam
Ketua Dekranasda Kabupaten Bintan, Hj. Deby Apri Sujadi saat berkunjung ke KUBE Manggar Abadi di Pantai Dinda Sakera, Kabupaten Bintan. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Kerajinan Kerang adalah salah satu kerajinan yang cukup dikenal di Kabupaten Bintan. Limbah Kerang menjadikan hal ini sebagai potensi yang bernilai tinggi.

Ide dan inovasi bagi pemanfaatkan kulit kerang menjadi sangat berguna. Di tangan Ibu Suri (57), berbagai kreativitas kerajinan kerang berhasil menarik perhatian wisatawan mancanegara yang datang berkunjung ke Pantai Dinda Sakera, Kabupaten Bintan, Selasa (12/12/2017).

Dirinya juga mengakui, kerajinan kerang yang ia pajang di salah satu stand KUBE Manggar Abadi yang terletak di Pantai Dinda Sakera, Kecamatan Bintan Utara telah berhasil menarik minat wisatawan. Bahkan, dalam minggu-minggu ini saja, dia telah berhasil menjual sebanyak 30 pices pot bunga dari bahan kerang dengan harga satuan bervariasi.

"Kita jual dengan harga yang bervariasi, tergantung besar kecilnya pot bunga kerang. Kemaren saja ada turis dari Malaysia dan India yang membeli kerajinan di sini langsung 4 pcs," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Bintan, Hj. Deby Apri Sujadi dalam kunjungannya mengatakan, KUBE Manggar Abadi sudah selayaknya membuat kerajinan kerang dalam jumlah yang banyak. Hal ini amat penting, karena wisatawan terkadang membutuhkan kerajinan dalam jumlah yang banyak.

Selain itu, berbagai variasi kerajinan juga harus terus dikembangkan untuk menambah jumlah varian.

"Harus buat variasi yang lainnya, hal ini penting agar wisatawan mempunyai pilihan yang banyak. Biasanya bentuk yang menyerupai hewan yang lucu dengan tekhnik cara membuatnya yang sederhana, akan membuat wisatawan lebih menarik," katanya.

Deby juga menginginkan agar KUBE Manggar Abadi bisa menggandeng masyarakat sekitar dalam mengolah dan membuat kerajinan Kerang. "Aksesoris yang berbahan dasar kulit kerang ini cukup mudah untuk membuatnya. Contohnya saja hiasan dalam bentuk cincin, kalung, gantungan kunci, bahkan bisa dibuat sebagai bros. Dalam membuat kerajinan kerang ini, kita juga meminta KUBE Manggar Abadi bisa menggandeng masyarakat sekitar," tutupnya.

Editor: Gokli