Ini 7 Hal Tak Terduga Penyebab Kolesterol Tinggi
Oleh : Redaksi
Rabu | 06-12-2017 | 12:02 WIB
koles.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Jangan lagi beranggapan kalau kolesterol tinggi hanya bisa diderita oleh orang tua. Usia ternyata tak ada pengaruhnya dengan kolesterol, terutama jika gaya hidup Anda 'berantakan.'

Institut Jantung, Paru, dan Darah Amerika mendefinisikan kolesterol sebagai zat seperti lilin dan seperti lemak yang ditemukan di semua sel tubuh.

Kolesterol dibawa melalui tubuh oleh dua jenis lipoprotein, satu yang baik dan satu sangat buruk.

Ketika berbicara tentang kolesterol tinggi, berarti kadar LDL dalam darah tinggi dan lipoprotein buruk.

Masalahnya adalah bahwa satu-satunya cara untuk mengetahui apakah kadar kolesterol Anda tinggi adalah pergi ke dokter dan diuji.

"Masalah kolesterol mungkin merupakan masalah tersembunyi - mungkin tidak hadir dengan beberapa tanda dan gejala yang mencolok," kata Michael Krychman, ginekolog Seksual dan direktur eksekutif Pusat Kesehatan Seksual dan Pengobatan Survivor Bagian Selatan California.

"Meskipun mungkin Anda tak bisa tahu sendiri jika Anda memiliki kolesterol tinggi, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaganya agar tetap stabil, yaitu mengidentifikasi penyebab kolesterol tinggi."

Mengutip Bustle, berikut beberapa hal tak terduga yang tidak Anda ketahui bisa menyebabkan kolesterol tinggi.

1. Memiliki penyakit tertentu
Menurut WebMD, memiliki penyakit seperti penyakit ginjal kronis atau kelenjar Tiroid dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan kolesterol tinggi.

2. Faktor Keturunan
Jika riwayat keluarga Anda menunjukkan bahwa Anda mungkin memiliki kecenderungan kolestrol yang tinggi, Anda mungkin memiliki kecenderungan genetik yang sama.

3. Diet yang buruk
"Ada faktor risiko eksternal yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang dapat mengembangkan lipid yang tinggi seperti pola makan yang buruk (asupan karbohidrat olahan yang berlebihan, gula tambahan, dan lemak jenuh)," kata Maya Feller, ahli gizi ahli.

4. Malas beraktivitas
Malas bergerak dan beraktivitas meningkatkan risiko kolesterol tinggi, kata Feller. Jika Anda duduk sepanjang hari di tempat kerja cobalah bangun dan berjalan-jalan keliling kantor kapanpun Anda punya waktu beberapa menit.

5. Mengonsumsi obat-obatan
WebMD juga melaporkan bahwa mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti estrogen dan beta-blocker dapat membuat Anda lebih berisiko terkena kolesterol tinggi.

6. Merokok
Dokter Sherry A. Ross, pakar kesehatan wanita dan penulis buku Panduan Definitif untuk Kesehatan Intim Wanita, mengatakan bahwa merokok dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi secara serius.

7. Faktor Usia
Menurut laporan American Heart Association, ketika wanita memasuki masa menopause, kolesterol mereka cenderung meningkat.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Gokli


BNN-KEPRI