Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Software Perencanaan Kota Ciptaan Dosen ITS Sudah Digunakan 10 Negara
Oleh : Redaksi
Rabu | 06-12-2017 | 11:26 WIB
dosen-ITS.jpg Honda-Batam
Nursakti Adhi Pratomoatmojo ST MSc, dosen departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) ITS Surabaya. (via TRIBUNJATIM.COM)

BATAMTODAY.COM, Surabaya - Dosen Perencanaan Wilayah dan Kota Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Nursakti Adhi Pratomoatmojo membuat software yang mampu merencanakan kota dengan menggunakan metode 'trend oriented' dan 'target oriented'.

Nursakti di Surabaya, Selasa, mengatakan, software yang dinamakan 'LanduseSim' ini tidak hanya mampu menampilkan visualisasi, tetapi juga menggunakan metode ilmiah yang kuat karena menggunakan variable-variabel untuk perubahan lahan.

Selain itu keunggulan LanduseSim ialah kemampuan dalam merencanakan kota dengan menggunakan 'target oriented'. Dengan metode 'target oriented' ini berarti perencanaan kota bisa dilakukan dengan memperhatikan sasaran yang akan dicapai di masa mendatang.

"Semisal dalam merencanakan suatu kawasan kota, lewat software ini sudah dapat diprediksi berapa target permukiman yang akan ada di masa mendatang dan fasilitas penunjang apa saja yang perlu disiapkan," kata pria yang akrab disapa Sakti tersebut.

Keunggulan lainnya, lanjut Sakti, ialah software ini mudah digunakan, fiturnya juga mampu memprediksi perubahan lahan yang sebelumnya masih kosong. Meskipun begitu software ini harus dioperasikan oleh pengguna yang paham betul mengenai komputasi dan sistem informasi geografis.

"Sejauh ini, penggunaannya banyak dimanfaatkan oleh dosen, para mahasiswa yang sedang disertasi dan konsultan," ujar Sakti.

Sakti menambahkan, software ini sudah banyak digunakan sejak pembuatannya tahun 2014 lalu. Bahkan, saat ini ada 10 negara yang sudah menggunakan LanduseSim karya Sakti tersebut yaitu Pakistan, Jepang, Irlandia, Argentina, Jerman, Meksiko, Thailand, Mesir, Belanda dan Indonesia.

Untuk di Indonesia, software ini sudah mulai digunakan di beberapa Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"LanduseSim sudah digunakan dalam menyusun Rencana Tata Ruang Wilayah, Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional," ujar dia.

Sumber: ANTARA
Editor: Gokli