Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Cara Sederhana Menyembuhkan Cegukan
Oleh : Redaksi
Sabtu | 02-12-2017 | 14:02 WIB
cegukan1.gif Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Cegukan adalah kondisi yang normal dialami oleh setiap orang. Biasanya terjadi seusai makan, atau bisa saja terjadi tanpa alasan yang jelas.

Cegukan sendiri terjadi ketika ada kejang pada diafragma. Diafragma adalah otot yang memisahkan rongga dada dari dongga perut. Karena kejang, maka asupan napas secara tiba-tiba berhenti di penutupan pita suara atau glottis.

Penutupan pita suara inilah yang akhirnya menyebabkan kita mengalami cegukan dan mengeluarkan suara seperti hiccup. Cegukan paling sering diakibatkan oleh penuh yang terlalu penuh karena menampung makanan dan minuman terlalu banyak.

Selain itu, cegukan juga bisa disebabkan oleh makan terlalu banyak dan terlalu cepat, terlalu banyak minum alkohol, terlalu banyak udara yang masuk lewat mulut, perubahan suhu mulut secara tiba-tiba, dan kondisi emosional.

Biasanya, cegukan hanya akan berlangsung sebentar atau bisa segera diatasi dalam beberapa menit. Namun faktanya, cegukan bisa terjadi selama 48 jam atau lebih. Cegukan yang berlangsung lama ini bisa menyebabkan kelelahan, kurang tidur, atau bahkan berat badan berkurang.

Namun apabila cegukan berlangsung lama dan tak hilang-hilang, bisa jadi kondisi tersebut merupakan masalah kesehatan yang serius. Ada beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan sendiri di rumah untuk mengatasi cegukan.

Pertama, adalah dengan minum air dingin sedikit demi sedikit. Cara lain, adalah dengan menahan napas sebentar. Ketiga, dengan menggigit lemon.

Sumber: Nova.Id
Editor: Yudha