Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BKPP Lingga Ajukan Formasi CPNS 2018 ke Kemenpan-RB
Oleh : Bayu Yiyandi
Sabtu | 25-11-2017 | 12:23 WIB
CPNS-00.gif Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Lingga sudah mengajukan beberapa formasi untuk penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Biroksi (Kemenpan-RB).

Saat ini pengajuan tersebut hanya tinggal menunggu persetujuan dari Kemenpan terkait berapa banyak kouta CPNS yang akan diterima itu.

"Kami sudah ajukan beberapa formasi sesuai edaran untuk penerimaan CPNS, tetapi kepastiannya masih menuggu Kemenpan-RB," kata Muhammad Jais, Kabid Mutasi dan Informasi Kepegawaian BKPP Kabupaten Lingga kepada BATAMTODAY.COM, Sabtu (25/11/2017).

Jais menjelaskan, adapun usulan formasi dari Pemerintah Kabupaten Lingga untuk CPNS tahun 2018 diantaranya yakni di bidang kesehatan, pertanian, perikanan dan pariwisata serta beberapa formasi lainnya.

Namun yang menjadi prioritas dikatakannya adalah formasi yang saat ini memang sedang dikembangkan di Kabupaten Lingga salah satunya di bidang pertanian.

"Itu beberapa formasi yang sudah kita ajukan. Tetapi yang menjadi prioritas kita dalam penerimaan nanti tetap sesuai formasi bidang yang sedang digalakkan Pemkab Lingga," terang Jais.

Jika nanti Kemenpan-RB sudah menerima usulan dari Pemerintah Kabupaten Lingga maka, lanjut Jais, BKPP akan mengumumkan jumlah kuota yang diusulkan tersebut.

"Intinya kami masih menunggu jawaban dari Menpan-RB, yang jelas ketentuannya tetap mengacu pada aturan yang ada dan kami tetap selektif," jelasnya.

Ia menambahkan saat ini Kabupaten Lingga juga masih banyak kekurangan SDM untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) sehingga membuat beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masih banyak mempekerjakan Pegawai Tidak Tetap (PTT) dan Tenaga Harian Lepas (THL).

Untuk itu, ia berharap dengan adanya usulan formasi CPNS ini, ke depan SDM di Kabupaten Lingga khusus ASN bisa bertambah. "Di Lingga masih banyak kekurangnan tenaga ASN. Walaupun begitu saya harap dengan adanya penerimaan ini agar tidak dijadikan batu loncatan, yaitu dengan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk persyaratan pendaftaran CPNS di Kabupaten Lingga dan BKN untuk persyaratan tambahan," tutupnya.

Editor: Gokli