Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nenek di Bintan Tega Buang Cucunya ke Laut Karena Lahir di Luar Nikah
Oleh : Syajarul Rusydy
Selasa | 21-11-2017 | 15:02 WIB
buang-cucu-kelaut11.gif Honda-Batam
Polisi olah TKP pembuangan bayi di Bintan. (Foto: Syajarul)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Perbuatan tak manusiawi Kartini alias Mak Bunga (43) ternyata akibat takut menanggung aib yang ditimbulkan putrinya yang hamil di luar nikah.

Ia nekad membuang cucu berjenis kelamin perempuan sesaat setelah dilahirkan ke laut yang berada di belakang rumahnya.

pengakuan Mak Bunga, kejadian itu pada Senin (20/11/2010) sekitar pukul 03.00 WIB, SB melahirkan anak perempuan di rumahnya yang beramat Desa Mantang Riau, Kecamatan Mantang. Saat itu ia panik dan langsung melemparkan cucunya yang masih bernyawa itu, ke laut tepat di belakang rumahnya.

"Saya yang bantu bersalin, kemudian setelah lahiran saya potong ari-arinya. Setelah itu, saya bawa ke belakang rumah dan saya lempar ke laut," kata Mak Bunga.

Sebelumnya, Mak Bunga sempat ragu akan membuang cucunya itu, namun lantaran sudah takut ketahuan tetangga. Sekitar pukul 05.00 WIB Mak Bunga nekat membuang bayi yang masih bernyawa dari anak kandungnya itu ke belakang rumah.

"Namun, setelah saya buang, saya langsung telepon anak laki laki saya. Untuk meminta ambil kembali bayi itu, setelah diambil baru saya cuci dengan air tawar," ujar Mak Bunga.

Ternyata aksi Mak Bunga dalam membunuh cucu kandungnya itu tercium oleh warga sekitar. Warga yang tau atas kejadian itu langsung melaporkan kejadian tersebut, kepada Bhabinkamtibmas Desa Mantang Riau.

Editor: Yudha