Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BP Batam Tunda Tender Pengembangan dan Pengelolaan Bandara Hang Nadim
Oleh : Irwan Hirzal
Minggu | 19-11-2017 | 11:30 WIB
bp_batam12.jpg Honda-Batam
Deputi III Bidang Pengusahaan Sarana Usaha Lainnya BP Batam, Dwianto Eko Winaryo saat memberikan keterangan pers (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam menunda tender proyek pengembangan dan pengelolaan Bandara Hang Nadim. Penundaan proyek bandara ini diungkapkan Deputi bidang Pengusahaan Sarana Usaha Lainnya BP Batam, Dwianto Eko Winaryo.

"Lelang bandara (perluasan dan pengelolaan) ditunda dulu. Kita akan mencari skema kerja sama mengembangkan bandara," ujar Eko beberapa waktu lalu.

Eko mengatakan, rencana pengembangan bandara Hang Nadim ditunda prosesnya, sampai didapat konsep aerometropolis yang ideal. Dimana ditargetkan, konsep diharapkan sudah selesai awal tahun depan.

"Konsep besar atau garis besar aerometropolis, kami harap sudah selesai akhir Januari 2018," ujarnya.

Saat ini BP Batam sedang menyusun masterplan pengambangan Bandara dan Pelabuhan. "Kita sedang buat masterpan untuk aerometropolis, termaksuk untuk pelabuhan," katanya.

Terkait dana dalam pengembangan bandara dan pelabuhan, diakui direncanakan dengan sistem kerjasama bersama pihak lain.

"Dalam pengambangan tidak mungkin BP sendiri. Tentu akan ditindaklanjutkan dengan draf PP. Jadi masing-masing tugas operator BP jelas. Ketika diajak kerjasama pihak lain, kita tahu. Sehingga tidak tumpang tindih," tegasnya.

Sementara Kepala BP Batam, Lukita mengatakan, masterplan pengembangan bandara, sedang dibuat. Ditargetkan dalam tiga bulan sudah selesai dan dilanjutkan pengembangan.

"Kita akan kerjasamakan dengan investor. Dulu kan sudah ada rencana kerjasama pemerintah badan usaha (KPBU). Tapi kemungkinan ada skema lain untuk eksplore pengembangan bandara. Menjadi bandara yang modern," kata Lukita kemarin.

Editor: Surya