Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Derby Madrid, Saatnya Ronaldo dan Griezmann Bangkit
Oleh : Redaksi
Sabtu | 18-11-2017 | 17:02 WIB
ronaldo15.gif Honda-Batam
Christiano Ronaldo. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Real Madrid dan Atletico Madrid akan menjalani derby pertama musim ini dalam lanjutan Liga Spanyol di stadion baru, Wanda Metropolitano, pada Ahad dinihari WIB, 19 November 2017.

Kedua klub Ibu Kota Spanyol ini tengah dirundung masalah serupa, yakni konsistensi permainan yang tak stabil dan tumpulnya dua mesin gol mereka, yaitu Cristiano Ronaldo dan Antoine Griezmann.

Akibat rentetan hasil kurang baik pada awal musim ini, kedua klub sama-sama mengumpulkan 23 poin dari 11 laga. Mereka tertinggal delapan poin dari pemimpin La Liga, Barcelona, dan terpaut empat poin dari Valencia, yang menempati posisi kedua.

Dua kali menjadi finalis Liga Champions dalam empat musim terakhir, Atletico terancam tersingkir dari putaran grup. Sedangkan Real mengalami kekalahan pertama fase grup dalam lima tahun terakhir saat ditekuk Tottenham Hotspur pada awal bulan ini. Meskipun demikian, pasukan Zinedine Zidane itu masih bisa lolos ke putaran 16 besar.

Merosotnya penampilan dua klub Madrid itu disebabkan oleh mesin pencetak gol mereka, Cristiano Ronaldo dan Antoine Griezmann, mengalami periode paceklik gol.

Padahal dua ujung tombak itu saling berhadapan pada penghargaan Ballon d'Or tahun lalu, setelah Real dan Portugal, yang diperkuat Ronaldo, mengalahkan Atletico dan Prancis yang dipimpin Griezmann pada final Liga Champions dan Piala Eropa 2016.

Namun Ronaldo hanya mampu mencetak satu gol dalam tujuh penampilan La Liga musim ini meski sudah melepaskan 48 tembakan ke gawang.

"Bukan salah saya bila (bola) tidak mau masuk," kata Ronaldo kepada surat kabar olahraga Prancis, L'Equipe, seperti dilansir AFP. "Orang-orang melihat saya seperti mesin gol, pemain yang harus mencetak gol sepanjang waktu."

Setelah Madrid kalah dari Spurs, Ronaldo pun mengakui skuad Madrid memang lebih lemah setelah ditinggalkan Alvaro Morata, Pepe, dan James Rodriguez.

Di sisi lain, komitmen Griezmann bersama dengan Atletico juga dipertanyakan kendati pemain yang diminati Manchester United itu telah memperpanjang kontraknya pada lima bulan lalu. "Siapa pun yang tidak ingin berada di sini harus pergi," kata gelandang Atletico, Koke.

Griezmann belum mencetak gol dalam tujuh pertandingan terakhir Atletico. Ia bahkan ditarik keluar dari lapangan oleh pelatih Diego Simeone sebelum Atletico memastikan kemenangan atas Deportivo lewat gol Thomas Partey pada injury time.

"Membandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya tentu berbeda," ucap Griezmann. "Kami punya stadion baru, kami berjuang mencetak gol dan memenangi pertandingan. Pertahanan kami baik-baik saja, kami hanya butuh sedikit keberuntungan di lini depan."

Lambatnya adaptasi Atletico saat berlaga di stadion baru, Wanda Metropolitano, yang berkapasitas 68 ribu tempat duduk itu juga menjadi penyebab turunnya performa mereka.

Seperti dilansir AFP, pasukan Diego Simeone itu tidak meraih satu pun kemenangan dari empat pertandingan terakhir dalam semua kompetisi di Wanda Metropolitano.

Laga Atletico lawan Real Madrid akan berlangsung pada Ahad dinihari WIB, mulai pukul 02.45 WIB.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha