Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bahas Pengajuan Nama Cawagub Pengganti Agus Wibowo

Nurdin Tugaskan PKB Kumpulkan 5 Pimpinan Parpol Pengusung Sani-Nurdin di Batam
Oleh : Ismail
Jumat | 17-11-2017 | 11:26 WIB
Abdul-PKB.jpg Honda-Batam
Ketua DPW PKB Kepri, Abdul Basit Haz. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun meminta pimpinan Partai PKB mengumpumpulkan lima pimpinan Partai pengusung Sani-Nurdin, untuk membahas figur yang akan diusulkan kembali menjadi Cawagub Kepri menggantikan Agus Wibowo.

Ketua DPW PKB Kepri, Abdul Basit Haz mengatakan, pengumpulan Partai pengusung Sanur itu, rencanakan akan dilaksanakan di Batam, untuk menjawab surat Ketua dan Panitia Pemilihan Pemilihan Wakil Gubernur (Panlih Pilwagub) DPRD Kepri.

Kelima pimpinan Partai pengusung tersebut, yakni Ketua DPW PKB Kepri Abdul Basit Haz, PPP dipimpin Syarafuddin Aluan, Gerindra diketuai Syahrul dan Ketua Demokrat Apri Sujadi. Sementara, untuk Partai Nasdem langsung ketuai Gubernur Kepri Nurdin Basirun yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Nasdem.

Abdul Basit Haz juga mengatakan, dirinya ditugaskan Gubernur guna menjalin komunikasi dengan pimpinan Partai pengusung lainnya dalam membahas persoalan tersebut. Alhasil, dari komunikasi yang dijalin tersebut, lanjut Abdul Basit, seluruh pimpinan Partai pengusung sudi menghadiri pertemuan tersebut guna membahas masa depan kepemimpinan Pemprov Kepri.

"Untuk tempat pertemuan masih menunggu keputusan Gubernur, namun sudah disepakati pertemuan akan dilaksanakan di Batam," terangnya.

Dirinya berharap, dengan dilaksanakannya pertemuan yang kesekian kalinya ini dapat memutuskan dan menyetujui satu nama yang akan diajukan ke DPRD Kepri.

Sebab, saat ini Partai pengusung sudah mendapatkan surat dari DPRD Kepri untuk ketiga kalinya, dan juga untuk pemilihan Wagub ini sudah ditunggu-tunggu masyarakat.

"Jadi untuk menentukan satu nama yang akan diajukan ke DPRD akan dilakukan Kamis malam (kemarin)," tegasnya.

Gubernur Nurdin Basirun mengaku jika sebelumnya telah mengundang 5 Parpol pengusung untuk menentukan sikap dalam pengusulan figur Cawagub ke DPRD Kepri. Namun, dalam pertemuan tersebut, hanya beberapa pimpinan Partai pengusung yang datang, sedangkan pimpinan lainya tidak bisa hadir dengan alasan masih sibuk.

"Kemarin juga sudah saya undang masing-masing pimpinan Partai pengusung, tetapi ada yang tak bisa datang, katanya masih sibuk," ujar Nurdin kepada sejumlah wartawan di Gedung Daerah Tanjungpinang, Selasa (14/11/2017).

Bahkan, dirinya secara tegas mengatakan, sudah tiga kali melakukan pertemuan untuk membicarakan calon Wakil Guberur yang akan diajukan ke DPRD. Namun saat diundang, lagi-lagi sejumlah pimpinan Parpol pengusung juga tidak hadir.

"Pertemuan tak bisa full, makanya nanti akan diundang lagi. Dan, sampai Kamis kemarin sudah 3 kali dilakukan pertemuan, tapi sejumlah pimpinan Parpol pengusung masih ada yang tidak hadir," ujarnya tanpa menyebut pimpinan parpol yang tidak hadir tersebut.

Nurdin mengemukakan, sebagai pimpinan daerah dirinya terus berupaya melaksanakan arahan yang diminta DPRD. Namun karena belum bulatnya kesepakatan, membuat satu nama calon wakil gubernur pengganti Agus Wibowo itu belum dapat diajukan.

"Saya juga tidak tahu mengenai haluan dan politik masing-masing partai pengusung. Dan saya sebagai Gubernur juga tidak bisa masuk ke dalam internal masing-masing partai," ujarnya.

Editor: Gokli