Camat Akui Tambang Bauksit di Tembeling Bintan Sudah Beroperasi
Oleh : Syajarul Rusydy
Senin | 13-11-2017 | 17:26 WIB
tambang_bauksit_bintan.jpg
Aktivitas lahan bauksit di Tembeling Bintan. (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Tanda tanda aktivitas tambang bauksit di Tembeling, Kecamatan Teluk Bintan, mulai tampak. Pelaku usaha yang disebut sebut di bawah naungan PT Gunung Bintan Abadi (GBU) sudah mulai merapikan di sekitar lahan tersebut.

Camat Teluk Bintan, Assun Ani juga tidak menampik adanya aktivitas pemebersihan lahan diwilayah kerjanya itu. Aliang, selaku pemilik melakukan pemebersihan lahan sesuai dengan izin yang dipegangnya.

"Iya memang ada, mereka belum membang. Baru sekedar merapikan lahan di lokasi sesuai izin yang dipegang," sebut Assun saat ditemui di Kantor Bupati Bintan, Bintan Buyu, Senin (13/11/2017).

Bahkan Assun mengaku, pada Selasa lalu, warga dengan perusahaan susah melakukan pertemuan bersama. Tidak disebutkan bagaimana hasil pertemuan, namun diakhiri dengan penandatangan berita acara bersama.

"Saya terakhir bertemu warga hari Selasa, ada pertemuan. Itu semua ada. Pada daftar yang hadir, semua RT RW termasuk juga yang punya izin itu (PT GBA) ada. Intinya pada pertemuan tidak ada bahasa penolakan dari warga atau RT Rw. Berita acaranya ada, saya hadir waktu itu," tendas Assun.

Assun mengatakan, sejauh ada izin, pihaknya tak bisa bilang aktitas perusahaan di wilayahya tersebut bermasalah, karena izin pertambangan semuanya di provinsi. Bukan wewenang camat atau kabupaten untuk mengizinkan dan tidak mengizinkan.

"Mereka punya SK dari gubernur, dan sejauh ini aktifotas di sana merapikan lahan, dan warga juga tidak keberatan," tambah Assun.

Editor: Dardani


BNN-KEPRI