Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mantan Kapten Timnas Brazil Meninggal Dunia
Oleh : Redaksi/Mg
Senin | 05-12-2011 | 09:27 WIB
socrates.jpg Honda-Batam

Mantan Kapten Timnas Brazil era 1982, Socrates Brasileiro Sampaio de Souza Vieira de Oliveira. Foto:Wikipedia

SAO PAULO, batamtoday - Socrates, mantan Kapten Timnas Brazil era 1982 dikabarkan meninggal dunia, Minggu(4/12/2011) kemarin. Pemain yang sepanjang karirnya mencetak 207 gol itu, meninggalkan seorang istri dan enam anak.

Pemain bernama lengkap Socrates Brasileiro Sampaio de Souza Vieira de Oliveira itu memulai karirnya di klub Botafago, kemudian berpindah ke klub raksasa Brazil, Corinthians. Di Corinthians, karirnya makin bersinar, hanya dalam durasi waktu 6 tahun (1978-1984.red) sudah `172 goal dan 297 assist diciptakan.

Kepergian Socrates merupakan duka mendalam bagi sepak bola Brasil. Jasa Socrates sangat besar bagi Brasil. Pada Piala Dunia 1982 ia ditunjuk menjadi kapten tim. Sayang, dibawah kepemimpinan Socrates, Brasil gagal menjadi juara. Tim Samba tersingkir di fase penyisihan grup, kalah dari Italia yang akhirnya menjadi juara.

Media Brazil memberitakan, setelah pensiun dari sepak bola, kehidupan Socrates dikenal banyak berhubungan dengan dunia hitam. Ia merupakan salah satu pecandu berat narkotika. Tidak hanya itu, playmaker pengoleksi 60 caps bersama Brasil itu juga dikenal penikmat alkohol dan perokok berat.

Akibat kebiasaan buruknya itu Socrates sering keluar masuk rumah sakit. Untuk ketiga dalam empat bulan terakhir Socrates masuk ke unit gawat darurat karena penyalahgunaan alkohol menyebabkan perutnya untuk perdarahan pada bulan Agustus lalu, sebelum pada akhirnya dikabarkan meninggal dunia.