Lanal Dabosingkep, Panen Perdana Tanaman Jagung Hasil Kerja Anggotanya
Oleh : Nur Jali
Rabu | 18-10-2017 | 19:38 WIB
lanal-dabo-panen-jagung.gif
Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Dabosingkep melakukan panen perdana penanaman jagung di lahan ketahanan pangan, milik Lanal Dabosingkep (Foto: Nur Jali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Dabosingkep melakukan panen perdana penanaman jagung di lahan ketahanan pangan, milik Lanal Dabosingkep. Lahan yang sebelumnya diklaim banyak bebatuan dan tidak cocok untuk lahan pertanian ini, mampu ditepis setelah ratusan batang jagung tumbuh subur di tanah tersebut.

Uniknya lahan 1,3 hektare ini sebelumnya pernah diklaim tidak bisa ditumbuhi jagung, karena merupakan lahan bauksit dan bebatuan. Hal ini disampaikan ketika Lanal Dabosingkep meminta petani langsung untuk menanam di lahan tersebut. Tidak percaya dengan hal itu, beberapa anggota Lanal Dabosingkep turun langsung melakukan pengolahan tanah.

Dan hasilnya tanaman jagung malah tumbuh subur, justru dari tangan-tangan para prajurit TNI Angkatan Laut ini. " Dulu kita pernah minta petani jagung untuk berkebun di sini karena sayang, tapi setelah digarap mereka bilang tidak bisa ditanam karena banyak batu, akhirnya kita coba sendiri dan berhasil," kata Komandan Lanal Dabosingkep Letkol Laut (P) Agus Yudho Kristianto, MTr Hanla, Rabu (18/10/17).

Dalam waktu 70 hari tanaman jagung ini berhasil dipanen dengan hasil panen yang cukup memuaskan. Hal ini tentunya tidak terlepas dari kegigihan dari anggota Lanal Dabosingkep, dengan keterampilan seadanya mampu menanam padi dilahan seluas 1,3 H yang tepat berlokasi di halaman belakang Mako Lanal Dabosingkep.

Panen perdana yang dipimpin langsung oleh orang nomor satu di Lanal Dabosingkep ini, diikuti seluruh anggota Lanal Dabosingkep dan Ibu-ibu Jalasenastri DJAB cabang 7 Korcab 4, Lanal Dabosingkep.

Dalam kesempatan panen perdana tersebut, di depan para prajurit, Komandan Lanal mengatakan bahwa panen ini merupakan bukti bahwa apabila dikerjakan dengan sungguh-sungguh diikuti niat yang tulus dan diiringi dengan do'a, maka tidak ada sesuatu yang tidak bisa dikerjakan dan tidak ada rintangan yang tidak bisa diatasi.

"Tuhan menciptakan alam kita ini sebagai alam yang subur dan dipenuhi dengan berkah. Teruslah berkarya dan selalu penuh semangat, kita buktikan bahwa tongkat kayu dan batu jadi tanaman seperti dalam lagunya Koes Plus," kata Komandan Lanal Dabosingkep.          

Selain tanaman jagung, masih ada sebagian lahan yang digarap oleh anggota Lanal untuk dipersiapkan menjadi kebun sayuran terong.

Editor: Udin