Polda Kepri Berencana Perbanyak Kedai Sabhara untuk Ciptakan Kamtibmas
Oleh : Hadli
Kamis | 01-10-2015 | 14:57 WIB
pengamanan.jpg
Ilustrasi pengamanan oleh Polri.

BATAMTODAY.COM, Batam - Direktorat Sabhara Polda Kepri berencana menambah pos pengamanan atau Kedai Sabhara di lokasi yang dianggap rawan tindak kejahatan, khususnya di Batam.

"Saya sudah menyampaikan bersama Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum Polda Kepri) mengenai penambahan Kedai Sabhara," ujar Direktur Sabhara Polda Kepri Komisaris Besar Polisi Anang Sumpena kepada BATAMTODAY.COM, Kamis (1/10/2015). 

Ia mengatakan, langkah ini diambil sesuai arahan Kapolda Kepri Brigjen Pol Arman Depari yang meminta pengamanan lebih diperketat di jam-jam tertentu rawan kejahatan. Namun demikian, tambahnya Kedai Sabhara ini akan dijaga selama 24 jam. 

"Yang terlibat di dalamnya setiap satuan. Kami berharap penambahan Kedai Sabhara ini dapat dirasakan masyarakat dalam upaya menciptakan situasi yang kondusif," tuturnya. 

Personel polisi yang ditempatkan di Kedai Sabhra tidak hanya berada ditempat. Mereka, tambahnya akan lebih rutin patroli dari biasa. "Saat ini Kedai Sabhara kita tinggal dua, salah satunya di Simpang Dotamana, Batam Center. Yang di Jodoh digusur kerena ada pelebaran jalan. Rencananya di sekitar penemuan mayat, Sungai Ladi juga akan kita dirikan, nanti juga aka koordinasi dengan Kapolresta Barelang," tuturnya. 

Anang menambah, tidak cukup hanya mengandalkan personel Polri untuk menjadikan Kota Batam kondusif dari aksi kejahatan. Peran serta pemerintah daerah dalam menghadapi gangguan kamtibmas sangat dibutuhkan. 

"Kegiatan ini bila tidak didukung oleh pemerintah daerah tentunya tidak akan efektif. Keikutsertaan pemerintah daerah sangat dibutuhkan menjaga kamtibmas," ujarnya. 

Tidak hanya peran serta pemerintah daerah yang diharapkan dalam menciptkan situasi kamtibmas. Pengusaha juga diharapkan dapat turut serta membantu dengan menyiapkan kamera CCTv di dalam dan di luar gedung khususnya mengarah ke jalan raya. 

Editor: Dodo