Ribuan TKI di Singapura dan Malaysia Mudik Lewat Batam
Oleh : Romi Chandra
Minggu | 10-06-2018 | 18:03 WIB
TKI_mudik.jpg
Ribuan TKI di Singapura dan Malaysia mulai mudik ke kampung halamannya melalui Batam

BATAMTODAY.COM, Batam - Ribuan tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Singapura dan Malaysia mulai pulang ke kampung halaman masing-masing melalui Kota Batam, Kepulauan Riau, menjelang Idul Fitri.

"Mendekati hari H biasanya penumpang yang datang bisa mencapai 10 ribu orang dan setengahnya kami perkirakan pekerja migran," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam Lucky Agung Binarto di Batam, Minggu (10/8/2018).

Namun pihak Imigrasi tidak dapat membedakan WNI yang melalui tempat pemeriksaan imigrasi adalah TKI atau hanya WNI pelancong, sehingga jumlahnya tidak bisa dipastikan. "Untuk pekerja migran atau bukan, kami belum bisa mengantisipasinya karena itu sangat relatif dan tidak tertera di dalam sistem," kata Lucky.

Ia mengatakan jumlah penumpang yang tiba dari Malaysia dan Singapura di Pelabuhan Internasional Batam Center lebih banyak dibanding hari-hari biasanya. Namun, menurut dia, jumlahnya pada H-5 belum terlalu signifikan.

Imigrasi pun melakukan langkah antisipasi lonjakan penumpang dengan meningkatkan sistem juga sumber daya manusia yang bertugas. "Kami sudah menambah jumlah konter kedatangan dan keberangkatan yang awalnya 10 menjadi 12, baik itu di kedatangan maupun di keberangkatan," kata Lucky.

Ia optimistis penambahan anjungan pemeriksaan paspor tersebut, dapat meningkatkan pelayanan di Tempat Pemeriksaan Imigrasi, sekaligus mengurangi antrean panjang.

Editor: Surya