Peringati Hari Kartini, Christy Kids School Batam Tampilkan Drama dan Tarian Sigale-gale
Oleh : Nando Sirait
Minggu | 22-04-2018 | 19:04 WIB
sigale-gale1.jpg
Penampilan anak-anak TK Christy Kids School Batam saat membawakan drama dan tarian Sigale-gale. (Foto: Nando Sirait)

BATAMTODAY.COM, Batam - Annual Christy Kids School Batam, kembali mengadakan event talent show yang melibatkan seluruh anak didik di sekolah tersebut. Masih dalam rangka memperingati Hari Kartini, pihak sekolah mencoba mengajarkan para anak didik usia dini untuk lebih mencintai Indonesia dan juga menghargai seluruh perjuangan para pejuang terdahulu.

Kepala Sekolah TK Christy Kids School Batam, Yani menjelaskan adanya event Annual Christy Kids School yang dilaksanakan di Aula Gereja HKBP Palmarum, Kampung Baru Sekupang, Minggu (22/4/2018) ini merupakan rangkaian kegiatan yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya.

"Untuk kegiatan Talent Show ini merupakan kegiatan yang ke sembilan kalinya kami laksanakan. Ini memang kegiatan rutin mas, dan kami memang memilih untuk melaksanakan kegiatan ini di setiap peringatan Hari Kartini," ujarnya.

Dengan bertemakan menggali talenta para anak didik, terutama anak didik usia dini. Yani menjelaskan bahwa pihak sekolah tidak hanya bertujuan menampilkan sesuatu yang terbaik, tetapi juga ingin mengajarkan anak untuk dapat tampil percaya diri di depan khalayak umum. Untuk kegiatan talent show ini, pihaknya juga melibatkan ratusan anak didik.

"Untuk kegiatan talent show ini dari TK ada 22 siswa, Sd 146 siswa, dan SMP 7 siswa. Nantinya akan ada penampilan drama lagenda daerah tentang Sigale - Gale dari anak - anak TK, serta drama mengenai perjuangan Raden Ajeng Kartini. Selain itu, ada yang berbeda dalam pelaksanaan talent show kali ini dimana akan ada penampilan fashion show yang dibagi menjadi dua kategori," tuturnya.

Yani menegaskan adanya tema mengenai perjuangan R.A Kartini dalam penampilan drama nanti, juga merupakan upaya mengajarkan para anak didik untuk dapat menghargai perjuangan yang telah dilakukan oleh beliau.

"Karena tanpa Kartini yang memperjuangkan emansipasi wanita dulu, pasti saat ini tidak ada kesetaraan gender yang dapat dinikmati oleh anak - anak penerus bangsa ini. Ini juga akan menumbuhkan rasa Nasionalisme bagi anak - anak sejak usia dini," lanjutnya.

Sementara untuk pemilihan mengangkat Lagenda Daerah mengenai Sigale - Gale, dikarenakan adanya pemilihan acak yang telah dilakukan jauh hari sebelum pelaksanaan kegiatan ini. Tidak hanya itu, para anak didik ini juga menampilkan berbagai kesenian daerah yang merupakan seni gerak tari dari Jawa dan juga Minang.

"Pemilihan Lagenda Sigale - Gale ini, bukan hanya semata - mata karena mayoritas siswa merupakan warga keturunan dari Sumatera Utara. Karena di tahun sebelumnya kami juga pernah menampilkan drama, yang mengangkat Lagenda dari Kalimantan. Pemilihan tema sendiri kami lakukan secara acak mas," ucapnya.

Penampilan para anak didik ini juga dilakukan, dengan latar belakang untuk memberikan hadiah terbaik bagi para orang tua siswa. Dimana dengan memerankan perjuangan R.A Kartini, mereka secara tidak langsung akan mengerti bagaimana perjuangan seorang ibu dalam mendidik, mengawasi, dan memberikan yang terbaik bagi anak - anak tersebut.

Selain itu, dalam rangka menyambut tahun ajaran baru. Yani kembali mengingatkan, agar para orang tua untuk tidak ragu dalam mendaftarkan anak - anaknya di Christy Kids School yang berada di Jalan Gajah Mada, Tiban III, Batam.

"Tidak hanya kurikulum yang sudah up to date yang diterapkan disini. Tapi juga berbagai fasilitas kami hadirkan demi menunjang kegiatan belajar - mengajar, dengan didukung beragam ekstrakurikuler," paparnya.

Berbagai fasilitas yang ditawarkan diantaranya, Ruang belajar full AC, Perpustakaan, Ruang belajar Lab IPA, ruang Lab Bahasa, dan Ruang Lab Komputer. Dengan berbagai pilihan ekstrakurikuler seperti Robotik, Mandarin, Komputer, Bahasa Inggris, Musik dan Tari, Marching Band, serta Renang.

"Masih belum cukup kami juga memberikan promo potongan 50 persen, untuk uang pembangunan untuk SMP hingga Juni mendatang dan bonus tablet," tutupnya.

Editor: Surya