Pasang Kunci Ganda

Kawasan Batuaji Rawan Curanmor, Polisi Minta Warga Hati-hati Parkirkan Motor
Oleh : Yosri Nofriadi
Kamis | 23-11-2017 | 12:26 WIB
melapor-ke-polsek-batuaji1.jpg
Marian Satria (31), warga Perumahan Laguna Raya, Kelurahan Tanjungriau, Kecamatan Sekupang saat melapor ke Polsek Batuaji karena dalam hitungan menit sepeda motor Yamaha Mio M3 BP 5856 OJ miliknya hilang saat terparkir di depan Indomaret Pasar Fanindo Batuaji (Foto: Yosri Nofriadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bagi warga yang tinggal di kawasan Batuaji, Batam, perlu memerhatikan keselamatan dan keamanan. Pasalnya di daerah itu hampir setiap hari terjadi pencurian sepeda motor (curanmor). Lengah sedikit saja saat parkir, sepeda motor akan berpindah ke tangan pencuri.

Kasus terbaru dialami Marian Satria (31), warga Perumahan Laguna Raya, Kelurahan Tanjungriau, Kecamatan Sekupang. Dalam hitungan menit sepeda motor Yamaha Mio M3 BP 5856 OJ miliknya hilang saat terparkir di depan Indomaret Pasar Fanindo Batuaji, Rabu (22/10/2017) sekitar pukul 19.00 WIB.

Saat mengadu di Polsek Batuaji, Marian mengaku, aksi pencurian sepeda motor itu berlangsung sangat singkat. Pelaku bisa memanfaatkan waktu korban yang masuk ke dalam Indomaret dalam kurun waktu tidak lebih dari sepuluh menit.

"Saya belanja bentar saja. Saya kunci stang dan terus masuk ke dalam Indomaret, waktu saya ke luar sudah tak ada lagi motor saya," ujar Marian, Kamis (23/11/2017).

Lantaran motornya sudah tak ada lagi, Marian mencoba melakukan pencarian di sekitar pasar Fanindo dan menanyakan kepada warga sekitar. Namun, usahanya itu sia-sia. Sepeda motor yang masih kredit itu sudah raib dibawa kabur pencuri.

"Tega benar pencurinya. Itu motor satu-satunya untuk berangkat kerja saya," ujarnya lagi.

Pelaku, kata Marian, diduga sudah profesional dan tahu betul cara membuka kunci kontak sepeda motornya."Kalau orang yang kebetulan saja tak mungkin. Ini kunci stang masa secepat itu dia bisa buka," ujarnya lagi.

Menurut informasi yang diterima Marian dari warga sekitar, aksi pencurian kendaraan sepeda motor kerap terjadi diparkiran Indomaret itu.

Dia menduga ada warga yang terlibat pencurian di sekitar kawasan pasar Fanindo itu. "Kata warga dalam satu bulan ini sudah empat motor yang hilang," ujarnya lagi.

Dengan adanya kejadian itu, Marian berharap agar pihak kepolisian mengusut tuntas para pelaku ranmor yang cukup meresahkan itu. "Kita cari duit setengah mati buat beli motor malah enak-enak dicuri," ujarnya.

Menanggapi laporan itu, Kapolsek Batuaji, Kompol Sujoko, mengaku tetap akan mendalami kasus pencurian sepeda motor tersebut, dan juga kasus pencurian sepeda motor lainnya. Namun demikian polisi tetap berharap agar masyarakat pada umumnya lebih waspada lagi ke depannya.

"Jangan beri kesempatan. Kalau rasa-rasa tak aman, tak usa parkir. Cari tempat lain yang aman dan diawasi. Kunci ganda jangan lupa," ujar Kapolsek.

Editor: Udin