Pusaran Angin Ribut Kejutkan Warga Pulau Siantan Anambas
Oleh : Alfreddy Silalahi
Selasa | 22-08-2017 | 14:50 WIB
Angin-Ribut-Anambas1.gif
Pusaran angin ribut di tengah laut Pulau Siantan Anambas, Selasa (22/8/2017). (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Kondisi cuaca di Pulau Siantan Anambas sempat mengejutkan warga. Pasalnya angin ribut dengan kecepatan diatas 30 km/jam sempat membuat warga ketakutan.

"Berkisar pukul 08.00 WIB tadi hujan diiringi angin kencang (angin ribut) sempat menakutkan warga. Kursi yang berada di warung saja sempat beterbangan sangkin kencangnya angin," ujar Dayat, Selasa (22/8/2017).

Bahkan, kata Dayat di depan Pulau Siantan terlihat angin berputar-putar. "Tetapi untung tak sampai ke darat. Kalau sampai tak tau lagi gimana bentuknya," jelasnya.

Koordinator BMKG Tarempa, Salim mengakui, bahwa sebagian besar Kabupaten Kepulauan Anambas mendapat curah hujan sedang dengan suhu mencapai 25 derajat celcius.

"Kalau angin tembus angka 35 km/jam, ini terjadi pagi berkisar pukul 08.00 WIB tadi. Bahkan sempat terjadi angin ribut. Tapi beruntung tak ada makan korban. Potensi hujan ini bisa hingga malam hari," terangnya.

Dia menghimbau, agar nelayan khususnya waspada melaut mengingat kondisi cuaca yang tidak kondusif. "Kita tidak bisa pastikan cuaca. Tapi kita harus waspada, untuk nelayam agar lebih berhati-hati lagi untuk melaut. Jangan dipaksakan tapi utamakan kesalamatan," himbaunya.

Pantauan dilapangan, Pulau Siantan masih diselimuti awan tebal dengan hujan intensitas sedang.

Editor: Yudha