Lima Desa di Anambas Dapat Program PAM Simas dari Kementerian PUPR
Oleh : Fredy Silalahi
Rabu | 09-08-2017 | 19:38 WIB
PAM-Simas-PUPR.gif
Ilustrasi PAM Simas dari Kementerian PUPR Republik Indonesia (Sumber foto: Twitter)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Lima desa di Kabupaten Kepulauan Anambas mendapat program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAM Simas) dari Kementerian PUPR Republik Indonesia.

"Untuk tahun ini ada lima desa yang mendapat program PAM Simas, yakni Desa Pesisir Timur, Desa Tarempa Timur, Desa Air Bini, Desa Tiangau dan Dan Desa Temburun. Masing-masing desa mendapat alokasi anggaran Rp350 juta dari APBN," ujar Kabid Infrastruktur, Badan Penilitian, Pengembangan dan Perencanaan Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Andi Guna, Rabu (9/8/2017).

Andi menguraikan, program tersebut merupakan Rencana Aksi Daerah Air Minum dan Penyehatan Lingkungan. Dan rencananya 52 desa di Kabupaten Kepulauan Anambas mendapatkan program PAM Simas tersebut.

"Tahun 2018 direncanakan 15 desa, tahun 2019 sebanyak 16 desa dan tahun 2020 juga 16 desa. Jadi target pada tahun 2020 semua desa sudah memiliki sumber air dan lingkungan yang sehat. Ini dilakukan bertahap mungkin karena keterbatasan anggaran," jelasnya.

Sementara, Asisten II Setdakab Anambas, Masykur, berharap agar program tersebut berjalan lancar. "Pada prinsipnya Pemkab Anambas sangat menyambut baik program ini. Program ini merupakan salah satu bentuk perhatian Pemerintah untuk menyediakan air bersih dan lingkungan yang sehat bagi masyarakat," tegasnya.

Editor: Udin