Kontraktor Ditetapkan Tersangka

Resort di Pulau Bawah Gunakan Kayu Ilegal, Pemkab Anambas Tak Dianggap
Oleh : Fredy Silalahi
Jum'at | 07-10-2016 | 18:26 WIB
Kayu-ilegal-yang-dipolice-line.gif

Kayu ilegal yang telah dipolice line oleh jajaran Polda Kepri sebagai barang bukti penggunaan kayu ilegal di Pulau Bawah (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas menegaskan tidak ada koordinasi dari pengelola Pulau Bawah terhadap kebutuhan kayu.

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Abdul Haris mengatakan, pihaknya selalu memanggil para investor yang datang ke Anambas agar membangun mengikuti aturan.

"Secara teknis, mengenai pembangunan dan kebutuhan akan kayu, pihak pengelola Pulau Bawah tidak pernah berkoordinasi. Tetapi yang melakukan pelanggaran itu kan hanya oknum (Paul)," tegasnya, Jumat(7/10/2016).

Salah satu villa Pulau Bawah yang menggunakan kayu ilegal (Foto: fredy Silalahi)

Haris juga menjelaskan, Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) tidak boleh sembarangan mengeluarkan izin untuk menebang kayu. Apalagi, pihaknya telah membuat regulasi terhadap hutan yang boleh ditebang kayunya.

"Distanhut tidak boleh sembarangan mengeluarkan izin. Distanhut juga harus bisa memilah, mana yang merupakan kebutuhan masyarakat untuk membangun atau membuat pompong," jelasnya.

"Kami sudah memerintahkan Distanhut agar mensosialisasikan kepada masyarakat, mana kayu yang boleh ditebang mana yang tidak. Kalau Pulau Bawah kan hanya oknum (Paul) saja yang melanggar‎ aturan," tambahnya lagi.

Sementara Perwakilan Aliansi Penyelamat Hutan Anambas (APHA), ‎Asril Masbah, mengatakan, pembalakan kayu ilegal yang masih marak tidak terlepas dari lemahnya pengawasan dari pemerintah daerah.

"Pemerintah harus meningkatkan pengawasan, sehingga masyarakat maupun investor tidak sembarangan menebang kayu," katanya.

Dia juga berharap, aparat penegak hukum agar mengusut semua pelaku illegal logging tersebut. "Jangan hanya satu orang (Paul) yang ditindak. Penebang, pengangkut dan pengguna kayu juga harus diusut jangan tebang pilih, harus merata. Ini kesannya tebang pilih karena hanya satu tersangka saja. Semua diusut, supaya ada efek jera. Bila penting, kayu yang sudah terpasang juga harus disita," tegasnya.

Expand