Terkendala Jaringan Listrik

Bupati Anambas Gesa OPD Pindah Kantor Baru, Bisa Hemat Biaya Sewa Hingga Rp6 M
Oleh : Alfredy Silalahi
Kamis | 09-08-2018 | 15:16 WIB
bupati-anambas-polres1.jpg
Abdul Haris saat menyampaikan kata sambutan pada acara syukuran dan tepung tawar kantor baru Polres Anambas. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris sebut Pemda akan menghemat anggaran sebesar Rp6 miliar apabila sudah menempati kantor baru. Pasalnya, hingga saat ini ada 11 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang masih menyewa gedung sebagai kantor.

"Kita prioritaskan OPD yang belum punya gedung sendiri pindah ke kantor baru. Ini langkah menghemat anggaran sebesar Rp 6 miliar setiap tahunnya. Karena ada 11 OPD yang masih menyewa gedung sebagai kantor," kata Abdul Haris, Kamis (9/8/2018) disela-sela acara syukuran dan tepung tawar kantor Polres baru di Pasir Peti.

Haris mengakui, kendala untuk menempati kantor baru di Pasir Peti yakni belum terhubungnya jaringan listrik. Padahal sebelumnya sudah ada perjanjian dari Pemda dengan Polres Anambas agar sama-sama menempati kantor baru.

"Bersempena dengan hari ulang tahun Anambas ke 10, kita sudah lakukan syukuran dan tepung tawar kantor baru. Namun sampai saat ini belum ditempati karena listrik belum terhubung. Padahal kita sudah berjanji dengan Pak Kapolres supaya sama-sama menempati kantor baru. Biar Pak Kapolres tidak kesepian," ujarnya seraya tersenyum. ?
?
Haris berharap, kebutuhan akan listrik dapat segera diselesaikan. Dan anggaran Rp 6 miliar dapat dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat. "Mudah-mudahan kendala ini bisa diselesaikan secepat mungkin," harapnya.

Seperti diketahui, adapun 11 OPD yang masih menyewa gedung sebagai kantor yakni? Dinas Sosial, Inspektorat, Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Transmigrasi, Badan Penelitian Pengembangan dan Perencanaan Daerah, Dinas Komunikasi dan Informatika, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Dinas Pariwisata, serta Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Sebelumnya, Manajer Perusahaan Listrik Negara (Persero) Rayon Anambas, Jaswir menyampaikan bahwa pihaknya telah memasang jaringan listrik di pusat perkantoran Pasir Peti.

"Pemda butuh kapasitas 240 kva, dan usulan itu sudah dimasukkan kepada PLN. Namun sampai saat ini kami masih menunggu proses administrasi yang belum kelar untuk menyambung listrik ke kantor baru," ujarnya belum lama ini. ?

Editor: Yudha