Disdikpora Anambas Data Kerusakan Sekolah Pasca Bencana Banjir
Oleh : Fredy Silalahi
Rabu | 17-01-2018 | 11:02 WIB
smpn2anambas.jpg
Kondisi terkini SMPN 2 Siantan, Kabupaten Anambas pasca bencana banjir. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kepulauan Anambas akan mendata kerusakan yang dialami sekolah, pasca banjir. Pasalnya, hingga saat ini sejumlah sekolah yang mengalami bencana belum melakukan laporan tertulis terkait kerusakan yang dialami.

"Alhamdulillah, saat ini kondisi sudah mulai aman. Mungkin pihak sekolah termasuk siswa masih sibuk melakukan kebersihan pasca banjir di Tarempa dan Pulau Jemaja," ujar Kepala Disdikpora Anambas, Andi Agrial, Rabu (17/1/2018).

Andi mengakui, kerusakan yang dialami sekolah belum dapat ditaksir. Untuk itu harus dilakukan pendataan fisik ke lapangan. "Untuk pendataan, kita akan turun ke sekolah yang berada di Pulau Siantan. Untuk Pulau Jemaja mungkin akan menyusul, karena transportasi belum beroperasi," terangnya.

Ia memprediksi, SMPN 2 Siantan mengalami kerusakan terparah. Pasalnya, sekolah tersebut persis di samping aliran sungai Sugi.

"Hampir seluruh ruangan di SMPN 2 tergenang air setinggi 1,5 meter. Kemudian letak sekolah juga rendah. Seluruh peralatan kantor, termasuk alat praktik sekolah tergenang ketika banjir melanda Kelurahan Tarempa," jelasnya.

Andi menyinggung, Disdikpora tidak ada mengeluarkan kebijakan libur pasca banjir. "Hanya saja proses belajar-mengajar belum optimal karena masih melakukan kebersihan," ungkapnya mengakhiri.

Editor: Gokli