Peringatan Sumpah Pemuda Ke-89

Pemuda Kepri Kobarkan Api Perjuangan dengan Prestasi Hebat Mengisi Pembangunan
Oleh : Charles Sitompul
Sabtu | 28-10-2017 | 16:02 WIB
Nurdin-Sumpah-Pemuda1.gif
Gubernur Kepri Nurdin Basirun pimpin upacara peringatan Sumpah Pemuda. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Peringati Hari Sumpah Pemuda di Provinsi Kepri, Gubernur Nurdin Basirun menekankan, Pemuda Kepri harus terus mengobarkan semangat Api Sumpah pemuda, Dengan prestasu yang hebat, dalam mengisi pembangunan di Kepri.

Hal itu dikatakan Nurdin dalam amanah-nya sebagai Inspektur Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-89 Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2017 di Gedung Daerah Tanjungpinang, Sabtu (28/10/2017).

"?Seluruh Pemuda di Kepri harus terus meningkatkan dan mengembangkan potensi diri yang dimiliki sebagai bentuk cerminan dari semangat sumpah pemuda.Kuncinya, tambah Nurdin dengan kemauan keras untuk menjadi sukses," ujar Nurdin.

Gubernur Nurdin mengatakan bahwa sejarah terkait sumpah pemuda yang mana Sebuah ikrar yang sangat monumental bagi perjalanan sejarah bangsa Indonesia.

Ikrar sumpah pemuda 28 Oktober 1928 yang diuangkapkan 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air, berkumpul telah bersepakat, mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa yaitu Indonesia. Setelah 17 Tahun Ikrar Sumpah Pemuda itu, kemudaian melahirkan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945.

"Kita tentu patut bersyukur atas sumbangsih para pemuda Indonesia yang sudah melahirkan Sumpah Pemuda. Sudah seharusnya kita meneladani langkah-langkah dan keberanian mereka hingga mampu menorehkan sejarah emas untuk bangsanya," kata Nurdin.

Selanjutnya dalam sebuah kesempatan, Presiden RI yang pertama, Bung Karno pernah menyampaikan Jangan mewarisi abu Sumpah Pemuda, tapi warisilah api Sumpah Pemuda. Kalau sekedar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa, dan satu tanah air.

"Tapi ini bukan tujuan akhir, pesan yang disampaikan oleh Bung Karno ini sangat mendalam khususnya bagi generani muda Indonesia," tuturnya.

Api sumpah pemuda, tambah Nurdin harus terus menyala di sanubari pemuda Kepri dalam mempertahankan nagara Kesatuan Republik Indonesia, dan melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

"Kita juga harus berani melawan ego kesukuan, keagamaaan dan kedaerahan kita. Ego ini yang kadangkala mengemuka dan menggerus persaudaraan kita sesama anak bangsa. Kita harus berani mengatakan bahwa Persatuan Indonesia adalah segala-galanya, jauh di atas persatuan keagamaan, kesukuan, kedaerahan,apalagi golongan," ujar Nurdin.

Dalam kesempatan itu, Kepada seluruh Pemuda dan Pemudi Kepri, Nurdin juga menekankan, Pemuda Kepri harus tangguh dan hebat, jago dalam bidang Keagamaaan, Pendidikan, Olahraga dan ekonomi khususnya. Hingga kedepan pemuda? Kepri menjadi motivator dan pengusaha di Kepri.

Selain harus jago, Nurdin juga menekankan agar pemuda Kepri saling bersatu padu dalam segala hal yang tentunya bermakna positif seperti menjaga keharmonisan serta membangun daerah, karna peran pemuda sangat penting sebagai pondasi bangsa dan negara.

"Membangun bangsa ini bukan perkara yang mudah, apalagi saat ini kita ditempatkan pada posisi era modernisasi, mari bersama menjaga keberagaman daerah kita yang hingga saat ini terus aman dan tentram serta mari bersama bahu membahu membangun kepulauan riau menjadi lebih baik kedepannya," kata Nurdin.

Dengan tema sumpah pemuda tahun ini yakni "Muda Berkaya, Muda Berdaya, Muda Mandiri dan Sejahtera" Gubernur Nurdin melanjutkan, peran pemuda diharapkan berperan dalam pembangunan daerah khususnya dalam membangun Sumber daya Manusia Kepri.

"Awal kesuksesan adalah dari tingkat SDM Manusianya, dan kesuksesan yang diraih harus didasari dengan akhlak mulia menghormati orang tua serta dapay membangun komunikasi antar sesama, Karena dalam membangun bangsa Indonesia perlu kebersamaan yang kita namakan konektivitas hati," pesan Nurdin.

Pemerintah sebut mantan Bupati Karimun ini, akan terus berupaya dalam melaksanaan pembangunan Kepri, untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kepri.

Editor: Yudha