Kepri Segera Realisasikan Mimpi Punya Stadion Bertaraf Internasional
Oleh : Ismail
Jum\'at | 27-10-2017 | 16:38 WIB
lahan_stadiun_di_dompak.jpg
Lahan di kawasan Dompak yang rencananya dibangun Stadion bertaraf Internasional. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepri bertekad akan mewujudkan mimpi untuk memiliki stadion bertaraf Internasional di Tanjungpinang. Mimpi tersebut sepertinya bakal terwujud pada tahun 2018 mendatang di kawasan Pulau Dompak.

"Kita akan membangun Stadion sepak bola di Tanjungpinang ini yang bertaraf internasional. Nantinya juga akan dilengkapi fasilitas olah raga lainnya," kata Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Kamis (26/10/2017).

Pembangunan stadion diatas lahan sekitar 40 hektare di Dompak tersebut akan menelan biaya mencapai Rp 800 miliar. Namun, dengan estimasi biaya dengan jumlah tersebut, tentu saja akan membebankan APBD Kepri. Oleh karena itu, jelas Gubernur, untuk pengerjaan akan dilakukan secara bertahap, dan untuk tahap awal sekitar Rp 30 miliar.

"DED-nya sendiri sudah dibuat sejak tahun 2016 lalu. Insya Allah, 2018 kita akan mulai pengerjaannya," harapnya.

Tak hanya itu, Gubernur menambahkan, besarnya estimasi biaya pembangunan tersebut, maka untuk sumber pendanaan nanti tidak akan menggunakan alokasi APBD kepri saja. Dirinya juga akan memanfaatkan, sharing danaa antara Pemprov Kepri dan Pemerintah Pusat melalui APBD dan APBN 2018.

"Saya kira sharing ini pasti bisa. Karena, sudah ada contohnya. Seperti, pembangunan Stadion megah di Papua, dan wilayah lainnya," tambahnya.

Nurdin mengatakan, pembangunana Stadion yang akan dilaksanakan Pemrov Kepri ini merupakan jawaban atas minimnya lapangan sepakbola yang representatif di Tanjungpinang.

Hingga saat ini, di Tanjungpinang belum memiliki sarana lapangan sepak bola yang berstandar baik. Padahal, antusias masyarakat di Kepri terhadap olahraga asal negara Inggris ini begitu bergairah.

"Di mana-mana termasuk di kampung-kampung dan pulau membentuk klub dan menggelar berbagai turnamen," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kepri Maifrizon menjelaskan, untuk tahap awal, pembangunan Stadion tersebut nantinya akan diprioritaskan lapangan dan juga dasar lintasan atletik. Lalu, dilanjutkan dengan fasilitas lainnya.

Ia menyebut, sesuai dengan DED-nya Stadion yang rencananya dibangun di kawasan Dompak ini memiliki daya tampung tribun hingga 40-50 ribu penonton.

"Kita belum bisa memastikan pengerjaannya berapa tahap, sebab akan melihat kondisi kemapuan keuangan. Memang amggaran sendiri dilakukan dengan cara sharing dengan Pemerintah Pusat. Kita harapkan dukungan masyarakat dalam mewujudkan impian bersama ini," tukasnya.

Editor: Dardani